Pendidikan

Petakan Mutu Pendidikan, Sejumlah SMP di Bondowoso Ikut ANBK 

Senin, 04 Oktober 2021 - 20:19 | 26.16k
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat meninjau keberlangsungan ANBK di salah satu SMP (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat meninjau keberlangsungan ANBK di salah satu SMP (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam rangka memetakan mutu pendidikan, sebanyak 48 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bondowoso, mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Senin (4/10/2021). 

Bupati Bondowoso Salwa Arifin meninjau langsung kegiatan tersebut di tiga lokasi, yakni SMP Negeri 1 Bondowoso, SMP Negeri 3 Bondowoso dan SMP Negeri 2 Tenggarang. 

Menurut Bupati Salwa Arifin, ANBK ini untuk memetakan mutu pendidikan di lembaga sekolah. 'Yang diukur ada dari guru, murid, kemudian dari lingkungan," katanya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, ini baru pertama dilakukan sehingga perlu memastikan kegiatan dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada. "Saya mengapresiasi, ternyata lumayan baik," imbuhnya. 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bondowoso, Sugiono Eksantoso mengatakan, siswa yang ikut ujian adalah anak-anak yang namanya dipilih secara acak oleh sistem dan akan muncul di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

"Mereka akan mengikuti ujian numeris, literasi. Kemudian gurunya juga akan ikut survei lingkungan. ANBK ini akan dinilai secara utuh," jelasnya. 

Erlin Mawarni, salah seorang guru di SMP Negeri 2 Tenggarang menjelaskan, di sekolahnya saja siswa yang terpilih acak di sistem Dapodik ada 50 orang.

"Terperinci ada 45 orang ikut ujian, dan lima orang untuk cadangan. Jumlah ujian yang mereka kerjakan pun beragam. Ada yang jumlahnya 12, dan ada yang 36," jelasnya.

Ia menilai ANBK merupakan hal yang baik untuk mengukur keberhasilan lembaga pendidikan. Tetapi, karena masih awal dilakukan sehingga berbagai kendala juga harus dihadapi. "Seperti sulitnya menyambungkan server sekolah dengan server pusat saat gladi bersih," jelas warga Bondowoso tersebut. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES