Pendidikan

Cek Pelaksanaan PTM, Bunda Paud Banyumas: Anak-anak Tetap Prokes!

Senin, 04 Oktober 2021 - 17:43 | 38.21k
Bunda PAUD Erna Husein yang juga istri Bupati Banyumas saat terapkan prokes di TK Aisyiyah Kembaran.(FOTO : Parsito For TIMES Indonesia)
Bunda PAUD Erna Husein yang juga istri Bupati Banyumas saat terapkan prokes di TK Aisyiyah Kembaran.(FOTO : Parsito For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten Banyumas (Bunda PAUD Banyumas), Ny Erna Husein memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di TK Aisyiyah BA Bojongsari, TK Pertiwi Purbadana, KB Gemilang Kembaran Kecamatan Kembaran, Senin(4/10/2021).

Bunda Paud menyerahkan bantuan berupa susu dan telur rebus dari Dinkanak, bantuan masker dan handsainitiser dari BPBD serta Bantuan alat Permainan Edukatif (APE) dari BRI Purwokerto.

Menurutnya, bantuan masker dan handsanitiser sebagai langkah antisipasi pencegahan dini Covid-19. Ia juga mengingatkan agar dalam PTM selalu mengutamakan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

"Tetap upayakan protokol kesehatan, meminimalisir penyebaran Covid-19," katanya.

Selain itu dijelaskan bantuan APE ini  untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satu media proses pembelanjaran PAUD untuk membantu kecerdasan dan ketangkasan, khususnya kreativitas anak-anak PAUD.

Ny Erna Husein mengatakan anak-anak pada masa golden age tidak hanya mendapatkan edukasi pada pendidikan formal, namun perlu dikembangkan kreativitas untuk menjadikan anak-anak berkarakter didukung dengan makanan dan minuman yang bergizi.

"Khusus untuk APE ini, semoga bisa membantu komunikasi antara pendidik dengan anak. Tidak hanya disodorkan permainan saja, tapi bisa dijelaskan arti dari permainan yang diberikan sehingga bisa melatih motorik anak," katanya.

Sementara, kabid Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Keluarga Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Triasih Kartikowati mengatakan bahwa saat ini di Kabupaten Banyumas baru ada 55 lembaga PAUD yang menyelenggarakan PTM terbatas.

"Untuk sementara ada 55 lembaga kita pantau, tentang prokesnya dan baru 5 anak dalam satu kelas, dengan waktu pembelajaran selama 1 jam," katanya.

Ia membenarkan perhatian Pemkab Banyumas, khususnya Bunda PAUD Kabupaten Banyumas terhadap perkembangan PAUD sangat besar sekali. Bantuan APE ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk menunjang proses pendidikan.

Ia berharap bantuan yang diberikan BRI melalui Bunda PAUD Kabupaten Banyumas membantu kreativitas dan motivasi anak-anak PAUD, juga membuat pendidik PAUD terus berinovasi. Menurutnya APE juga mendukung proses belajar mengajar bagi tenaga pendidik dengan sarana dan prasarana APE yang memadai.

"APE dapat menunjang tumbuh kembang anak yang tentunya bermain sambil belajar yang tersistimatis. Lewat bantuan APE ini juga menginspirasi anak-anak untuk lebih kreatif untuk membuat APE dengan contoh-contoh yang ada," katanya

Sementara Asisten Manajer Pemasaran Dana (AMPD) BRI Kantor Cabang Purwokerto Retno Dyah Ekowati mengaku pihaknya membantu APE sebanyak 30 paket. "Tidak banyak hanya 30 paket APE dalam, sesusai permohonan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas," katanya di acara penyerahan bantuan oleh Bunda PAUD Banyumas tersebut.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES