Tekno

Tak Bisa Scan Barcode Aplikasi PeduliLindungi, Yuk Simak Tips Mengatasinya

Senin, 04 Oktober 2021 - 03:29 | 152.47k
Ilustrasi Aplikasi PeduliLindungi. (Foto: dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi Aplikasi PeduliLindungi. (Foto: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAAplikasi PeduliLindungi nampaknya sudah menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki. Bagaimana tidak, aplikasi PeduliLindungi saat ini digunakan untuk berbagai macam aktivitas, mulai dari jalan-jalan ke mal, masuk kantor polisi bahkan malakukan perjalanan.

Lalu bagaimana jika saat melakukan scan barcode ternyata tak bisa melakukannha, tenang karena ada tips untuk mengatasi permasalahan ini.

Dikutip dari instagram Indonesiabaik.id milik Kominfo RI (Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia) berikut ini tips untuk mengatasi aplikasi PeduliLindungi yang eror.

1. Log in secara berkala

Jika kita tidak bisa scan barcode pada aplikasi PeduliLindungi cobalah untuk log in lalu log out secara berulang. Aplikasi akan memberi respon secara otomatis sehingga fitur QR code akan berfungsi.

2. Bersihkan data Cache

Barangkali handphone-mu sedang penuh dengan data cache sehingga aplikasi PeduliLindungi pun eror, maka cobalah untuk hapus terlebih dahulu data cache agar ruang penyimpann kembali kosong.  Jika sudah, coba lah untuk kembali scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

3. Menutup aplikasi di background

Bisa saja kamu tak bisa scan barcode aplikasi PeduliLindungi karena ada aplikasi yang sedang berjalan. Maka, pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan di background sebelum melakukan scan barcode.

5. Perbarui aplikasi

Pastikan kamu rutin mengecek pembaruan software. Cobalah laakukan update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru barang kali setelah update aplikasi PeduliLindungi, maka kamu pun bisa kembali scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk kembali bisa men-scan barcode aplikasi PeduliLindungi. Semoga berhasil! (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES