Politik

Hibahkan Kendaraan Serbaguna, PDI Perjuagan Ajak Anak Muda Selamatkan Lingkungan Hidup

Minggu, 03 Oktober 2021 - 16:07 | 29.33k
PDI Perjuagan hibahkan kendaraan serbaguna kepada Komunitas Sangga Buana yang dibina Chareuddin alias Babe Idin. (FOTO: PDI Perjuangan)
PDI Perjuagan hibahkan kendaraan serbaguna kepada Komunitas Sangga Buana yang dibina Chareuddin alias Babe Idin. (FOTO: PDI Perjuangan)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPDI Perjuangan kembali menyerahkan hibah bantuan berupa kendaraan roda tiga kepada Komunitas Sangga Buana yang dibina Chareuddin alias Babe Idin, aktivis lingkungan hidup di Jakarta Selatan. 

Penyerahan bantuan kendaraan roda tiga ini sesuai dengan semangat mendorong kaum muda milenial menjaga lingkungan hidup yang digelorakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Bantuan itu diserahkan oleh Ketua DPP PDI Perjuagan Eriko Sotarduga mewakili Megawati dan Sekjen Hasto Kristiyanto. Dia didampingi oleh para kader PDI Perjuagan seperti Ono Surono dan Yuke Yurike. Babe Idin sendiri menerimanya bersama para anak muda yang berkegiatan bersama di Komunitas Sangga Buana. 

Kadis Taman dan Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati beserta camat dan luar setempat ikut hadir. Lokasinya di taman hutan Daerah Aliran Sungai (DAS) Pesanggrahan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (3/10/2021). 

Kata Eriko, Megawati sebenarnya ingin sekali hadir langsung menyerahkan bantuan itu. Namun situasi pandemi membuatnya terhalang untuk datang langsung. 

“Tapi Ibu Megawati tetap menitipkan salam. Saya ditugaskan Bu Mega dan Pak Sekjen untuk menyerahkan kendaraan operasional menjaga lingkungan di sekitar ini maupun yang dikelola Babe Idin dan kawan-kawan di wilayah lain,” ucap Eriko. 

Eriko mengatakan, Megawati dan PDI Perjuangan sangat mendorong aktivisme seperti yang dilakukan oleh Babe Idin dengan Komunitas Sangga Buana yang berisikan anak-anak muda. Dan partai itu melihat bahwa anak-anak muda dan milenial memang harus dilibatkan dalam kegaiatan menjaga lingkungan. 

"Bu Mega bisa melihat sesuatu yang kadang tak bisa kita lihat. Beliau memperhatikan betapa pentingnya milenial dan kaum muda sebagai perhatian utama, masa depan bangsa ini," kata Eriko. 

"Kami mendorong kerja sama ke depan agar generasi muda kita sampai generasi Z bisa meyakini bahwa memelihara alam bisa juga menjamin kehidupan bagi mereka," imbuh dia. 

Di Komunitas Sangga Buana, seperti dijelaskan sebelumnya oleh Babe Idin, selain menjaga hutan dan menormalisasi DAS, para anak muda diajak menanaminya dengan tanaman yang menghasilkan nilai ekonomis. Seperti bambu, kopi, dan porang. 

Eriko mengatakan adalah komitmen dari PDI Perjuangan untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan hidup. Apalagi di tengah ancaman krisis iklim akibay pemanasan global yang sudah nyata dihadapi seluruh dunia. 

"Ini concern Ibu Mega. Makanya beliau mengajarkan kami supaya tak hanya berpikir soal politik dan kekuasaan, namun keseimbangan kehidupan jauh lebih penting,” tegas Eriko. 

Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi Abah Idin dan Komunitas Sangga Buana. Sebab banyak program petani milenial oleh pemerintah pusat dan daerah yang dicanangkan, tapi belum berjalan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES