Gaya Hidup

Sedang Tren, Ini Ragam Manfaat Tanaman di Halaman Rumah

Minggu, 03 Oktober 2021 - 04:23 | 112.32k
Ilustrasi - Manfaat tanaman dalam rumah (Foto: archdaily.com)
Ilustrasi - Manfaat tanaman dalam rumah (Foto: archdaily.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bercocok tanam menjadi tren di masa pandemi. Karena tengah digrandrungi, tak heran jika harga tanaman hias mendadak menjadi mahal.

Hobi baru ini tak salah, karena kita bisa memanfaatkan waktu di rumah saja lebih produktif dengan bercocok tanam. 

Nah tak sekadar ikutan tren, berkebun sebenarnya punya banyak manfaat untuk kita. Apa saja ya?

1. Membuat rumah jadi lebih sejuk

Melalui proses fotosintesis, tumbuhan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Semakin banyak tumbuhan yang kamu tanam di sekitar rumah, maka semakin banyak oksigen yang dihasilkan sehingga semakin sejuk udara di sekitar rumah Anda.

2. Meningkatkan kualitas udara

Sebagian besar tumbuhan punya kemampuan untuk menyaring polutan udara, meskipun kadar penyerapannya berbeda-beda. Dengan begitu, keberadaan tumbuhan bisa membuat udara di sekeliling rumah menjadi lebih bersih dan segar.

3. Baik untuk kesehatan mental

Berdasarkan penelitian, orang-orang yang tinggal di sekitar alam merasa lebih bahagia. Dengan memelihara tanaman di area rumah bisa membuat penghuni rumah merasakan suasana alam di luar rumah.

4. Meningkatkan kualitas kesehatan

Secara tak langsung, keberadaan tumbuhan di sekitar rumahmu juga berperan meningkatkan kualitas kesehatanmu. Dengan udara bersih dan sejuk yang dihasilkan tumbuhan, Anda tentu akan jauh lebih sehat dan bugar.

5. Mengurangi kebisingan

Tumbuhan juga berfungsi meredam kebisingan. Manfaat ini tentu akan sangat berguna terutama kalau rumah Anda berada di daerah padat penduduk atau di dekat pinggiran jalan besar.

6. Kurangi pemanasan global

Wah yang ini keren banget ya, jadi tumbuhan mampu menyerap emisi karbon dan berbagai polutan udara yang merupakan penyebab pemanasan global. Dengan menanam tumbuhan di pekarangan rumah berarti Anda turut  berperan melawan pemanasan global.

Tanaman Dalam Rumah 2 Ilustrasi - Manfaat tanaman dalam rumah (Foto: archdaily.com)

Nah setelah tahu manfaat tanaman di halaman rumah, sebaiknya berkebun atau bercocok tanam dijadikan hobi sepanjang masa ya, tak sekadar ikutan tren saja. 

Sebenarnya Anda dapat bertanam apa saja di halaman rumah, tak harus tanaman hias dengan harga selangit. Anda dapat menanam tanaman produktif yang menghasilkan seperti buah-buahan atau sayuran. Tak hanya sedap dipandang, dari tanaman produktif juga dapat dimanfaatkan hasilnya. Terlebih saat ini banyak teknik menanam yang dapat dipelajari sehingga tak memerlukan lahan yang luas. Bagaimana, siap bercocok tanam? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES