Pendidikan

Indonesia Business Links Lakukan Pemberdayaan Anak Muda di Indramayu

Kamis, 30 September 2021 - 16:56 | 59.18k
Job counseling workshop dalam rangkaian program Empower Youth for Work oleh Indonesia Business Links di Indramayu, Jawa Barat. (FOTO: Indonesia Business Links for TIMES Indonesia)
Job counseling workshop dalam rangkaian program Empower Youth for Work oleh Indonesia Business Links di Indramayu, Jawa Barat. (FOTO: Indonesia Business Links for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYUIndonesia Busniess Links menyelenggarakan sebuah acara bertajuk Festival Muda Berdaya Berkarya Indramayu pada tanggal 27-28 September 2021.

Festival ini merupakan acara penutupan program Empower Youth for Work di Indramayu yang terdiri dari rangkaian kegiatan mulai dari Stakeholder Forum, Talkshow terkait Softskills dan Hardskills, Kompetisi Proposal Bisnis, Lomba Fotografi Produk, Penghargaan dan Apresiasi bagi Mitra dan Wirausaha muda dan juga Pameran sekaligus Lomba BoothKewirausahaan.

Job-counseling-workshop-2.jpg

Program Manager Empower Youth for Work di Indramayu, Harmini Simanungkalit menjelaskan, program Empower Youth for Work (EYW) merupakan sebuah program pemberdayaan untuk anak muda berusia 15-29 tahun di wilayah pesisir yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran dengan melakukan penyiapan angkatan kerja anak muda dan membangun kapasitas berwirausaha anak muda. 

Program ini telah dilaksanakan di Indramayu selama 3,5 tahun dan telah melaksanakan berbagai penguatan kapasitas anak muda dalam hal Softskills, Job Counseling Workshop, Technical Skills, Mentoring dan Coaching Wirausaha, Penyadaran Kesehatan Seksual dan Reproduksi, Pemberian Bantuan Modal Kewirausahaan Terbatas (Seed Funding), Pembentukan dan pembinaan kelompok usaha (Youth Hub), dan pemberdayaan lainnya.

Selain menyentuh langsung kepada anak muda, IBL juga aktif membangun kemitraan dan dialog dengan berbagai pihak untuk menguatkan dukungan kepada anak muda, termasuk di dalamnya adalah diskusi multipihak, dialog bilateral, Training of Trainers, Talkshow, Webinar, Diskusi Mentor dan sebagainya. Tahun 2021 ini, program EYW akan berakhir setelah memberikan penguatan kapasitas kepada kurang lebih 3000 anak muda di Indramayu. 

Job-counseling-workshop-3.jpg

Kondisi pandemi selama hampir dua tahun terakhir ini, tidak menyurutkan komitmen dan upaya IBL bersama mitra-mitranya untuk mengupayakan penguatan kapasitan terbaik bagi anak muda meski harus lebih banyak berkegiatan secara daring.

Berbagai tantangan yang dihadapi program ini dalam pelaksanaanya, bagi IBL adalah sebuah batu pijakan untuk dapat lebih maksimal, kreatif, beradaptasi dengan berbagai perubahan dan tidak menyerah untuk berkontribusi bagi terbentuknya anak muda yang berdaya dan berkarya sesuai dengan slogan program EYW yaitu “muda, berdaya, berkarya”.

"Pemberdayaan anak muda adalah sebuah inisiatif. Dan sebagai sebuah inisiatif, maka siapapun bisa menginisiasi diri/lembaga/instansi/kelompok/komunitas-nya untuk bisa turut berkontribusi mengupayakan anak muda yang berdaya, bukan hanya di Indramayu, tapi juga di Indonesia. Jadi mari kita saling berkolaborasi kembali di masa yang akan datang. Salam Muda Berdaya Berkarya." ujar Harmini Simanungkalit, selaku Program Manager Empower Youth for Work di Indramayu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES