Kesehatan

Ada Kluster Sekolah, Begini Tips Jaga Kesehatan Anak agar Terhindar dari Covid-19

Kamis, 30 September 2021 - 09:41 | 66.73k
Ilustrasi: Proses pembelajaran tatap muka. (FOTO: Dok. Times Indonesia)
Ilustrasi: Proses pembelajaran tatap muka. (FOTO: Dok. Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anak-anak sekolah sudah mulai memulai pertemuan tatap muka secara terbatas. Kebijakan baru ini disambut baik oleh siswa maupun orang tua. Namun baru beberapa pekan dilaksanakan tatap muka terbatas, dilaporkan munculnya kluster sekolah. 

Sebagai orang tua tentunya merasa khawatir akan kesehatan anaknya. Lantas bagaimana caranya agar anak-anak tidak terpapar covid- 19 di sekolah? 

Orang tua dan sekolah harus tegas terhadap ketentuan yang diterapkan selama pembelajaran tatap muka. Mulai dari mewajibkan siswa mencuci tangan setiap datang ke sekolah, memakai masker, dan tidak berkerumun.

Dari rumah sendiri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setiap orang tua, agar anak tetap sehat. Apa saja ya? 

1. Pastikan anak sehat

Pastikan anak dalamkondisi benar-benar sehat saat akan sekolah. Kondisi yang kurang fit akan memudahkan virus masuk dalam tubuh. 

2. Asupan gizi terbaik

Anak sudah biasa sarapan setiap pagi? Itu bagus. Namun ada baiknya asupan gizi saat sarapan lebih diperhatikan lagi. Sebaiknya beri anak sarapan yang kaya nutrisi. Dengan gizi yang tepat anak tidak akan mudah sakit. 

3. Amunisi vitamin

Meski sudah makan makanan bergizi, tak ada salahnya menambah amunisi kekebalan tubuh dengan vitamin. Anda dapat memberikan berbagai vitamin yang ada di pasaran. Atau jika ingin yang alami, berikan anak Anda madu murni. Sesendok madu mengandung berbagai vitamin mineral yang dapat menjaga kekebalan tubuh. 

4. Membawa bekal sendiri

Salah satu godaan anak sekolah adalah jajanan yang dijual di sekolah. Ingatkan anak untuk tidak jajan sembarangan, karena kita tidak pernah tahu hieginitas jajanan yang dijual abang-abang pedagang. Sebaiknya bawakan anak bekal makanan ringan (camilan) dan minum dari rumah. 

5. Tertib protokol kesehatan 

Jangan bosan mengingatkan anak untuk tetap tertib protokol kesehatan. Bermain secara bergerombol juga menjadi kebiasaan anak-anak di sekolah. Tentunya hal itu dilarang saat pandemi seperti saat ini untuk mencegah penularan covid- 19. 

Ingatkan anak untuk selalu menutup hidung dan mulut jika bersin atau batuk. Dan jangan lupa bawakan anak handsanitizer dan masker cadangan. Tips tersebut semoga dapat mengantisipasi munculnya kluster sekolah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES