Kuliner

Tauge Goreng Haji Omah Bogor, Kuliner Legendaris Langganan Istana Negara

Selasa, 28 September 2021 - 20:38 | 165.57k
Tampak depan kedai Tauge Goreng Hj Omah. (FOTO: Anastasia Athalia/ TIMES Indonesia)
Tampak depan kedai Tauge Goreng Hj Omah. (FOTO: Anastasia Athalia/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BOGOR – Mengunjungi kota hujan Bogor tak lengkap jika tidak mencicipi tauge goreng. Makanan khas Bogor ini meskipun dinamai tauge goreng nyatanya cara memasaknya dengan cara direbus. Tauge Goreng Haji Omah kerap keluar masuk istana Megara dari masa Megawati hingga Presiden RI Jokowi (Jokowi). 

Tauge Goreng Hj Omah salah satu makanan khas Bogor yang legendaris. Dalam sehari 300 porsi tauge goreng habis terjual. Didirikan sejak tahun 1970-an, saat itu kedainya berada di depan PLN Kota Bogor. Sekarang Tauge Goreng Hj Omah dikelola oleh H Mukthar dibantu Atjep anaknya. Saat ini kedai berada di samping Toko Roti Bogor Permai yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Bogor, Jawa Barat. 

Seporsi-tauge-goreng-Hj-Omah-2.jpgSeporsi tauge goreng Hj Omah (FOTO: Anastasia Athalia / TIMES Indonesia)

“Pindah ke dekat Bogor Permai sejak tahun 1999, dulu di depan PLN terus pindah lagi masih pakai tenda, sekarang sudah ada kedai,” jelas Atjep anak H Mukhtar. 

Tauge goreng Hj Omah berisikan tauge rebus, tahu, ketupat, dan mie kuning yang kemudian disiram dengan saus tauco. Yang membedakan tauge goreng Hj Omah dengan yang lain yaitu tauco yang digunakan merupakan hasil olahan sendiri dan tidak memakai oncom serta daun kucai. Selain itu tauge yang digunakan pun direbus menggunakan kayu bakar. 

“Tauco nya bikin sendiri, jadi kita berani jamin kualitasnya, taugenya juga direbus dengan kayu bakar sudah dari jaman dulu jadi kita tetap pertahanin ciri khas, dan kalau pake gas terlau cepet matang,” jelas Atjep yang sudah membantu mengelola kedai sejak jaman sekolah. 

Saat disantap, tauge goreng Hj Omah memiliki cita rasa segar dari tauge rebusnya yang sangat renyah ketika dikunyah. Selain itu, bumbu tauco memiliki cita rasa pedas manis ditambahkan sambal dan kecap. Ketika tauge goreng, mie kuning, tahu, dan ketupat dilahap sekaligus rasanya sangat sedap di dalam mulut. 

“Bumbunya enak tidak terlau pekat, karena saya suka pedas biasanya ditambah sambal,” ujar salah satu pengunjung. 

Mukhtar-sedang-mempersiapkan-daun.jpgHj. Mukhtar sedang mempersiapkan daun patat pada Senin (27/9/2021) (FOTO: Anastasia Athalia / TIMES Indonesia)

Atjep yang saat ini turut mengelola kedai Hj Omah mengatakan, kedainya sering dipesan untuk istana negara. Khususnya pada jaman kepresidenan Megawati, Tauge Goreng Hj Omah setiap tahunnya selalu dipesan ke istana. Selain itu, mereka pun pernah diajak ke daerah Menteng untuk acara ulang tahun cucunya. “Pelepasan Sea Games tahun 2019 kalau gak salah diundang Pak Jokowi ke Istana,” imbuhnya. 

Pihaknya juga merasa bersyukur dari sekian banyak pedagang toge goreng di Kota Bogor kedai Hj Omah bisa terpilih masuk istana. “Senang sebagai warga bogor diakui, dibawa ke istana,” tambah H Mukhtar pada TIMES Indonesia Senin (27/9/2021) 

Tauge goreng Hj Omah juga bisa dibawa pulang. Uniknya, tauge goreng yang dibawa pulang akan dibungkus dengan daun patat. Menurut Atjep daun patat ini sudah dipakai sejak jaman dahulu dan hingga kini tetap dipakai untuk mempertahankan ciri khas. 

“Kelebihannya daun patat ini tahan panas, gak cepat layu. ditekuk gak mudah sobek tulangnya lebih besar,” ujar Atjep.

Saat awal pandemi 2020 kedai Hj Omah sempat tutup selama tiga bulan. Saat ini kedai sudah kembali ramai meskipun belum seramai dulu. “Sekarang sudah membaik meskipun belum seramai dahulu,” jelas Atjep. 

Harga tauge goreng Haji Omah Rp20.000 per porsi. Selain itu pengunjung juga bisa memesan kerupuk mie yang disiram dengan bumbu tauco. Pembeli yang ingin mencicipi tauge goreng Hj Omah bisa datang ke Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor Tengah. Kedai Hj Omah buka mulai pukul 8 pagi dan tutup pukul 4 sore WIB.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES