Peristiwa Internasional

Gempar, Cadangan Keuangan AS akan Habis 8 Oktober Nanti

Kamis, 30 September 2021 - 06:02 | 31.64k
Sekretaris Keuangan AS, Janet Yellen. (Brendan Smialowski / AFP)
Sekretaris Keuangan AS, Janet Yellen. (Brendan Smialowski / AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekeretaris Keuangan AS Janet Yellen membuat pernyataan yang mengejutkan dunia. Pasalnya, Yellen mengungkapkan bahwasannya cadangan keuangan AS akan segera habis pada 18 Oktober 2021 ini.

Yellen mengungkapkan kekhawatirannya melalui surat yang dikirimkannya kepada ketua Konggres (DPR) AS. Dalam suratnya, Yellen mengungkap bahwasannya hal tersebut bisa terjadi jika konggres tidak menunda atau meningkatkan batas maksimum hutang.

"Kekayaan negara mungkin akan habis jika Konggres tidak menunda atau meningkatkan batas maksimum hutang pada 18 Oktober besok," tulis Yellen dalam suratnya kepada ketua Konggres pada Selasa waktu setempat seperti dilansir dari Bloomberg.

Yellen juga mengatakan bahwa dirinya tak yakin bahwa negara mampu memenuhi kebutuhan dana yang sudah dianggarkan sebelumnya setelah tanggal tersebut. Jika hal ini terjadi menurutnya negara akan mengalami resesi dan krisis keuangan.

Sebelumnya, hal ini juga pernah diungkap oleh Yellen. Hal tersebut menjadi bahasan utama dalam setiap pertemuan konggres beberapa minggu terakhir. Hingga akhirnya Konggres memutuskan untuk tidak menaikkan batas maksimum hutang.

Beberapa hari terakhir kubu partai Demokrat mengangkat isu tersebut kembali, mereka mendukung opsi menaikkan batas maksimum hutang. Namun opsi ini ditolak mentah-mentah oleh kubu partai Republik. Keduanya nampak bersitegang, kukuh dengan pendapatnya masing-masing.

Sementara itu, Wall Street yang sudah memperkirakan hal ini nampak kaget karena kejadian yang mereka perkirakan akan tiba lebih cepat. Menurut mereka, cadangan keuangan AS yang diperkirakan Janet Yellen akan habis tanggal 18 Oktober mendatang akan berpengaruh buruk pada kondisi keuangan pasar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES