Politik

Gantikan Azis Syamsuddin, Golkar Tunjuk Lodewijk Freidrich Paulus Jadi Wakil Ketua DPR RI

Rabu, 29 September 2021 - 18:36 | 33.13k
Ketum DPP Golkar Erlangga Hartarto memberikan keterangan kepada wartawan usai konferensi pers bersama Ketua DPR RI Puan Maharani (FOTO: Sumitro - TIMES Indonesia)
Ketum DPP Golkar Erlangga Hartarto memberikan keterangan kepada wartawan usai konferensi pers bersama Ketua DPR RI Puan Maharani (FOTO: Sumitro - TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan bersama Wakil Ketua Sufmi Dasco Ahmad telah menerima surat secara langsung dari Ketua Umum DPP Partai Golkar Erlangga Hartarto perihal pengisian kursi Wakil Ketua DPR RI Periode 2019-2024 yang ditinggalkan Azis Syamsuddin.

"Sesuai dengan mekanisme pergantian Pimpinan DPR RI Pasal 47 Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang Peraturan Tata Tertib DPR," kata Puan dalam konferensi pers Pimpinan DPR RI bersama Ketum DPP Golkar Erlangga Hartarto di Gedung DPR RI, Rabu 29 September 2021.

"Selanjutnya, saya akan meminta kepada Ketua Umum Partai Golkar, Pak Erlangga untuk bisa menjelaskan dan menyebutkan sekaligus sesuai dengan keputusan internal Partai Golkar," sambung Puan.

Dalam kesempatan itu, Erlangga didampingi Ketua Fraksi Partai Golkar Kahar Muzakir dan Sekretaris Fraksi Adies Kadir menyampaikan, pihaknya sudah menyerahkan langsung permohonan persetujuan pergantian antar waktu pimpinan DPR RI dari Unsur Partai Golkar.

"Saya tanya pada Ketua Fraksi, apa ada pendapat-pendapat Partai Golkar yang berbeda dengan PDIP. Ketua Fraksinya mengatakan tidak ada, dari kita sesama partai pendukung Pak Presiden Jokowi seluruhnya kita satu kebijakan untuk menyukseskan pemerintahan sampai dengan 2024," jelas Erlangga.

"Kami telah berkonsultasi dengan seluruh senior Partai Golkar di Dewan Pembina, Dewan Kehormatan kemudian juga Dewan Pakar dan dalam rapat pleno tanggal 27 September kemarin partai Golkar telah memutuskan untuk menunjuk saudara Lodewijk Freidrich Paulus sebagai calon wakil ketua DPR menggantikan saudara Azis Syamsudin," sambungnya.

Ia mengungkapkan, Lodewijk lahir di Manado pada tanggal 27 Juli 1957 dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Golkar. Lodewijk berada di Komisi I yang membidangi pertahanan intelijen komunikasi dan luar negeri. Lodewijk adalah purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir jenderal bintang 3 dan keterpilihannya sebagai anggota mewakili daerah pemilihan Lampung.

Sebelumnya, penggnati Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI ini juga pernah memegang jabatan sebagai Komandan Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat dan Komandan Jenderal Kopassus menggantikan Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo dan di tahun 2013. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES