Wisata

Pembukaan Road to Festival Pesona Senggigi 2021 di Pantai Tanjung Bias Berlangsung Meriah

Rabu, 29 September 2021 - 17:13 | 63.99k
Kawasan wisata Pantai Tanjung Bias yang dipilih sebagai lokasi pembukaan Road to Festival Pesona Senggigi 2021.(Foto: Dispar Lombok Barat)
Kawasan wisata Pantai Tanjung Bias yang dipilih sebagai lokasi pembukaan Road to Festival Pesona Senggigi 2021.(Foto: Dispar Lombok Barat)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARAT – Bertempat di kawasan wisata Pantai Tanjung Bias, kegiatan Road to Festival Pesona Senggigi 2021 resmi dibuka, Selasa (28/9/2021) sore. Pembukaan yang ditandai Podcast dengan tema “DISPAR” Diskusi Seputar Pariwisata serta lomba memasak iitu berlangsung meriah dan seru.

Acara podcast kepariwisataan ini menghadirkan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) NTB Awanadi Aswinabawa serta Pemerhati Pariwisata Taufan Rahmadi sebagai Narasumber.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saepul Akhkam mengungkapkan bahwa rangkaian kegiatan wisata Festival Pesona Senggigi 2021 ini merupakan sebagai salam selamat datang untuk gelaran balap motor World Super Bike (WSBK) yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, pada pertengahan November 2021, mendatang.

Bupati LombokBupati Lombok Barat Fauzan Khalid saat menghadiri kegiatan Road to Festival Pesona Senggigi 2021.(Foto: Dispar Lombok Barat)

"Tidak hanya sebagai greetings untuk gelaran WSBK, launching event Road to Festival Pesona Senggigi ini menjadi pengabaran kita kepada khalayak ramai tentang sekian banyak event yang akan kita selenggarakan di kawasan Senggigi," kata Akhkam.

Gebrakan yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat ini kemudian direspon positif oleh pegiat dan pemerhati pariwisata Taufan Rahmadi.

Menurut Taufan, kekuatan daripada recovery pariwisata ditentukan bagaimana pemimpinnyanya benar-benar berpihak pada pariwisata.

“Pentaheliknya berpihak pada pariwisata itu bagian daripada solidarity of survival, ada sinergitas dari semua pentahelik itu, kalau ini tidak ada tidak akan bisa,” ucapnya.

Ia juga menyebutkan, jika Lombok Barat saat ini bisa dikatakan lebih berani mengambil langkah terlebih dahulu dibanding daerah lainnya. Terutama saat dunia pariwisata masih berkutat dengan pembatasan  kegiatan masyarakat dan refocusing anggaran daerah akibat Covid-19.

“Bicara refocusing dimana-mana orang pusing, saya salut dengan Pemkab Lombok Barat. Bayangin saja Kementerian Pariwisata RI itu dipotong sampai 80 persen anggarannya dan Lombok Barat mulai menginisiasi dengan keberaniannya dengan 16 kegiatan wisata yang diselenggarakan,” ucapnya.

“Iya kalau dipikul sendiri tentu berat, tapi yang indahnya di Festival Pesona Senggigi ini adalah ketika pelaku industri berbagai tanggung jawab, pemerintah berbagi tanggung jawab terkait bagaimana mengatasi pandemi ini sehingga ringan, masyarakat pun merasa terobati,” lanjut Taufan, yang juga Jubir Kemeterian Pariwisata RI ini.

Bupati Lombok aSuasana Podcast dengan tema “DISPAR” Diskusi Seputar Pariwisata yang merupakan acara pembukaan Road to Festival Pesona Senggigi 2021.(Foto: Dispar Lombok Barat)

Semetara, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid menyampaikan bahwa jika kunci dari keberlangsungan kegiatan pariwisata di tengah pandemi Covid-19 ini adalah kemauan, kebersamaan, komitment dan konsistensi dari para stakeholder di Kabupaten Lombok Barat.

“Suasana pandemi ini benar-benar mengajarkan kita untuk menguatkan solidaritas. Kebersamaan pemerintah dan pelaku pariwisata saya kira menjadi basis alasan semua kegiatan ini sukses," katanya..

“Tidak hanya dari pemerintah dan para pelaku pariwisata, namun juga dari masyarakat kita harapkan mempunyai komitmen bersama untuk menjaga, dari segi kebersihan hingga misalnya saat ini penerapan protokol kesehatan yang akan membuat pengunjung merasa nyaman saat datang,” lanjut Fauzan.

Sebelumnya dikabarkan, Pemkab Lombok Barat melalui Dinas Pariwisata akan menggelar Festival Pesona Senggigi 2021. Kegiatan wisata ini akan berlangsung sepanjang Oktober 2021 di kawasan wisata Senggigi.

Festival Pesona Senggigi 2021 yang telah dibuka di kawasan wisata Pantai Tanjung Bias ini mengusung tema 'Ayo Kembali ke Senggigi'. Rangkaian acaranya beragam. Ada lomba masak, tur kuliner, workshop. Ada juga pagelaran wayang kulit Jawa, Wayang Sasak, Tari Gandrung serta pertujukan live musik.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES