Indonesia Positif

SMPN 1 Beji Ikuti Seminar ICLS

Jumat, 10 September 2021 - 16:25 | 12.09k
Giat ICLS SMPN 1 Beji. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Giat ICLS SMPN 1 Beji. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUANSMPN 1 Beji Kabupaten Pasuruan mengikuti Seminar ICLS (International Conferrence Lesson Study) ke-12 tahun 2021 secara online dari UNIMUS (Universitas Muhammadiyah Semarang). Seminar yang digelar rutin setiap bulan September. Kegiatan ini untuk mempresentasikan perkembangan pelaksanaan Lesson Study dalam mendukung keberhasilan pembelajaran di seluruh Indonesia oleh pegiat-pegiat Lesson Study (LS).

Tim LS Kabupaten Pasuruan aktif mempresentasikan pemanfaatan lesson study dalam pembelajaran melalui ICLS. SMPN 1 Beji bersama tim LS Pasuruan mengikuti webinar bersama untuk menjaga kesinambungan pemanfaatan LS dalam pembelajaran yang lebih baik. 

“Kegiatan lesson study merupakan kegiatan kolegalitas memang diperlukan sebagai upaya saling belajar tentang model, metode, tehnik pengelolaan kelas yang baik dalam rangka membantu siswa belajar,” ujar Yayuk Sudarwati Kepala SMPN 1 Beji yang juga pegiat lesson study.

Dalam kegiatan LS, dikenalkan Creative Learning Ownership (CLO) yang saat ini perlu dikembangkan selaras dengan program Merdeka Belajar yang sedang gencar digaungkan oleh Kemendikbud RI. 

“Discovery Learning, Problem Based Learning dan Project Based Learning jika diterapkan dengan telaten sebagai upaya membentuk anak yang kreatif, inovatif dan komunikatif. Selanjutnya menerapkan CLO dengan ide belajar dari siswa diharapkan bisa terlaksana. Namun memerlukan proses yang berkelanjutan,” paparnya lagi.

Untuk diketahui, seminar dilaksanakan secara online karena dalam masa pandemi Covid -19. ICLS biasanya diselenggarakan secara tatap muka dan berpindah antar universitas di seluruh Indonesia.

Kampus yang sudah pernah menjadi penyelenggara ICLS adalah UNM, UPI Bandung, UMM, UNDIKSYA Bali, Universitas Hamzanwadi Lombok, Universitas Pakuan Bogor, dan UNPAD.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Robert Ardyan
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES