Peristiwa Daerah

Bawaslu Cilacap Gencarkan Program Pengembangan Desa Pengawasan

Selasa, 28 September 2021 - 21:15 | 27.13k
Rakor Pengembangan Desa Pengawasan yang digelar Bawaslu Kabupaten Cilacap untuk wujudkan Pemilu yang bermartabat. (FOTO: Dok Bawaslu Cilacap for TIMES Indonesia)
Rakor Pengembangan Desa Pengawasan yang digelar Bawaslu Kabupaten Cilacap untuk wujudkan Pemilu yang bermartabat. (FOTO: Dok Bawaslu Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAPBawaslu Cilacap kini gencar melakukan sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu. Kali ini giliran Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, mendeklarasikan diri sebagai Desa Pengawasan.

Acara digelar di objek wisata Pesona Serayu, Desa Kesugihan Kidul dalam rapat koordinasi pengembangan desa pengawasan, Selasa (28/9/2021).

Dalam rakor ditegaskan bahwa pengawasan masyarakat sangat penting karena Pemilu adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat. Pastikan delegasi kedaulatan itu dilaksanakan dengan baik sesuai aturan.

Kepala Desa Kesugihan Kidul Ahmad Munawir menyampaikan komitmennya bersama Bawaslu Cilacap dalam partisipasi pengawasan Pemilu. Ia juga mengaku akan belajar dari Bawaslu Cilacap agar tahu apa itu politik yang sehat.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu karena desa yang dipimpinnya dipercaya sebagai Desa Pengawasan. "Kami akan terus belajar, supaya tahu politik yang sehat,” ungkap Munawir.

Menurut Munawir, kegiatan ini untuk meningkatkan pengawasan di Desa Kesugihan Kidul. Dan kegiatan seperti akan diterapkan di masing-masing desa oleh Bawaslu.

"Yang akan kami lakukan adalah menyosialisasikan melalui lembaga desa yang ada baik tingkat RT, RW, LPMD, Karang Taruna, bagaimana mengedukasi bahwa pengawasan Pemilu di tahun 2024 sesuai yang diharapkan oleh Bawaslu," ujarnya.

Sementara, Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Cilacap Erina Hastuti mengatakan pihaknya melaksanakan program dari Bawaslu.

"Ini program dari Bawaslu provinsi yang kita breakdown ke Bawaslu kabupaten/kota. Dimana akan dihasilkan 4 Desa Pengawasan dan 4 Desa Anti Politik Uang," katanya.

Erina menambahkan hal ini merupakan kegiatan kelima dan Desa Kesugihan Kidul dipilih sebagai Desa Pengawasan.

"Kita jadikan pengawasan semacam mental dan tugas-tugas kepengawasan dibantu oleh masyarakat, dan kita bisa mewujudkan tugas-tugas Bawaslu yaitu melindungi hak pilih rakyat," ungkapnya.

Ia menandaskan teman-teman yang hadir dalam acara tersebut merupakan orang-orang yang punya komunitas sehingga bisa menularkan kepada masyarakat dan menjadi pengawas partisipatif di masing-masing lini sampai ke tingkat RT, Dawis dan sebagainya. "Kita bisa mewujudkan Pemilu yang bermartabat," tegas Erina Hastuti mewakili Bawaslu Cilacap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES