Peristiwa Daerah

Duta Pancasila Kabupaten Malang Jadi Pemateri Webinar PIK Remaja, Ini Materi yang Diberikan

Selasa, 28 September 2021 - 20:41 | 47.76k
Juara I Duta Pancasila Kabupaten Malang Bilqis Islach Waffrodah ketika menjadi narasumber PIK remaja. (Foto: Duta Pancasila Kabupaten Malang)
Juara I Duta Pancasila Kabupaten Malang Bilqis Islach Waffrodah ketika menjadi narasumber PIK remaja. (Foto: Duta Pancasila Kabupaten Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Juara I Duta Pancasila Kabupaten Malang Bilqis Islach Waffrodah didapuk jadi pemateri dalam Webinar PIK Remaja, Selasa (28/7/2021).

Webinar yang mengambil tema "Beginilah Menjadi Remaja Masa Depan Bangsa" tersebut diikuti para remaja dari SMAN 1 Kepanjen dan SMPN 5 Karangploso. 

Dalam Webinar tersebut, Juara I Duta Pancasila Kabupaten Malang Bilqis Islach Waffrodah menyampaikan beberapa materi. Diantaranya, menjadi generasi yang berkualitas dan menyongsong bonus demografi.

Suasana-Webinar-PIK-Remaja.jpgSuasana Webinar PIK Remaja. (FOTO: Duta Pancasila Kabupaten Malang)

Kemudian juga disampaikan mengenai data kependudukan. Dalam hal ini, World Population Data Sheet 2020, menyebutkan jumlah penduduk Indonesia mencapai 271,7 juta jiwa.

"Dengan angka kelahiran kasar 18 per 1000 diikuti angka kematian kasar sebesar 7, sehingga pertumbuhan penduduk alami sebesar 1,2 persen per tahun," ujar Bilqis mengawali pembicaraan dalam Webinar tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia setelah China, India dan Amerika. Yang hal ini perlu menjadi perhatian tersendiri.

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif adalah dengan memberikan pendidikan kependudukan pada generasi mudanya," kata wanita berhijab ini.

Sasaran utamanya, kata dia adalah para pelajar di sekolah, agar generasi muda ini menyadari persoalan yang akan dihadapi di masa yang akan datang.

"Dengan pendidikan kependudukan diharapkan dapat membentuk mereka menjadi generasi penerus bangsa berkualitas. Selain itu juga memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran serta sikap dan perilaku yang berwawasan kependudukan," bebernya.

Dalam kesempatan itu, dia menegaskan komitmen Duta Pancasila Kabupaten Malang untuk konsisten dalam memberikan pemahaman kepada para pemateri. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES