Peristiwa Daerah

PT Pertamina Patra Niaga Papua-Maluku Fokus Kembangkan Program Tubo Edutourism

Selasa, 28 September 2021 - 20:18 | 55.89k
Pelatihan pengembangan kelompok sadar wisata di Ternate. (Foto: Fuad for TIMES Indonesia)
Pelatihan pengembangan kelompok sadar wisata di Ternate. (Foto: Fuad for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SOFIFIPT Pertamina Patra Niaga SH C&T Region Papua Maluku sebagai salah satu unit bisnis distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Wilayah Indonesia Timur berkomitmen untuk ikut melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan.

Komitmen tersebut termanifestasi ke dalam Empat Pilar yang melandasi pelaksanaan program Community Development perusahaan yaitu; Pertamina Berdikari, Pertamina Hijau, Pertamina Sehat dan Pertamina Cerdas.

"Komitmen tanggung jawab sosial perusahaan ini juga diinternalisasi secara utuh oleh seluruh unit bisnis distribusi salah satunya DPPU Babullah Ternate dalam bentuk program Community Development yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar," kata perwakilan PT. Pertamina Patra Niaga SH C&T Region Papua Maluku, kepada TIMES Indonesia melalui siaran pers, Selasa (28/9/2021)

Adapun di tahun 2021 PT. Pertamina Patra Niaga SH C&T Region Papua Maluku melalui DPPU Babullah Ternate kembali mengimplementasikan program Community Development bernama Edutourism Tubo dengan fokus program pada pengembangan sektor pariwisata.

Edutourism Tubo merupakan program baru dengan tujuan untuk menjadi sarana mengemas berbagai program-program Community Development yang sebelumnya pernah terlaskana, seperti kerajinan “Batik Malefo”, pengolahan limbah daging pala “Gosora Ma Faeda”, urban farming “Kampung Hijau Pertamina dan Sanggar kesenian Tomahutu.

"Keseluruh program tersebut akan saling terintergrasi untuk menjadi sebuah paket wisata yang bersifat integratif selain tentunya dengan kembali mengidentifikasi berbagai potensi kepariwisataan lainnya yang terdapat di wilayah Kel. Tubo, Kec. Kota Ternate Utara," ungkapnya.

Sasaran dalam program tersebut merupakan warga/ pemuda dari Kelurahan Tubo dengan ruang ligkup kegiatan yang mencakup Inisiasi dan Pengembangan Kelompok Sadar Wisata, Pelatihan Pengembangan Usaha Kuliner Lokal dan Kerajinan Khas Ternate serta Pengadaan Sarana dan Prasarana Penunjang Kepariwisataan.

Pengimplementasian program Edutourism Tubo juga melibatkan berbagai stakeholder yang membidangi kepariwisataan yang diantaranya Dinas Pariwisata Kota Ternate Prov. Maluku Utara, Ikatan Ahli Geologi Indonesia Prov. Maluku Utara (IAGI Malut), Himpunan Pramuwisata Indonesia Prov. Maluku Utara (HPI Malut), Gerakan Pesona Indonesia Prov. Maluku Utara (GenPI Malut) serta kalangan akadamisi dari Program Studi Usaha Perjalanan Pariwisata Universitas Khairun Ternate.

"Pelibatan stakeholder tersebut merupakan langkah kolaboratif dalam pengupayaan pelatihan dan pengembangan kelompok serta identifikasi potensi kepariwisataan yang terdapat di wilayah Kelurahan Tubo, Kec. Kota Ternate Utara," tandas perwakilan PT Pertamina Patra Niaga SH C&T Region Papua Maluku. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES