Peristiwa Daerah

Aksi Bagi-bagi Telur di Kanigoro Picu Kerumunan, Ini yang Dilakukan Polres Blitar

Selasa, 28 September 2021 - 18:00 | 26.31k
Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom memimpin langsung pembubaran kerumunan aksi unjuk rasa Peternak Ayam di depan kantor Bupati Blitar, Selasa (28/9/2021). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom memimpin langsung pembubaran kerumunan aksi unjuk rasa Peternak Ayam di depan kantor Bupati Blitar, Selasa (28/9/2021). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Aksi peternak ayam bagi-bagi telur gratis kepada masyarakat memicu kerumunan di sekitar Alun Alun depan Kantor Bupati Blitar di Kanigoro Kabupaten Blitar, Selasa (28/9/2021). Lalu apa langkah yang diambil Polres Blitar?

Selain memicu kerumunan, pembagian telur gratis di pinggir jalan raya itu juga menimbulkan kemacetan arus lalu lintas di beberapa titik. Polres Blitar bergerak cepat dengan langsung membubarkan kerumunan tersebut. Tidak hanya itu, polisi juga menutup depan Kantor Bupati Blitar usai membubarkan kerumunan. 

Pengendara yang menuju kantor bupati di jalan Kusuma Bangsa kanigoro juga dialihkan melalui jalur lain. Hal itu untuk mencegah kerumunan terjadi kembali di depan Kantor Bupati Blitar.  Anggota Polres Blitar tidak henti hentinya mengimbau masyarakat yang tersisa di Alun-alun Kanigoro untuk segera pulang ke rumah masing masing. 

"Saya mengambil kebijakan, saya panggil koordinator aksi. Kami minta koordinator aksi membubarkan kegiatan dan alhamdulillah yang bersngakutan bersedia dan segera membubarkan diri," urai Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom. 

Aksi pembagian telur di depan Alun Kanigoro tidak berlangsung lama. Namun ntuk pencairan massa emang membutuhkan waktu. Tidak sedikit warga yang masih membandel tidak mau membubarkan diri.  "Kita lakukan pengalihan arus di beberapa ruas jalan dan kita menutup jalan menuju Kantor Bupati Blitar," tambah Adhitya. 

Adhitya mengutarakan, pihaknya langsung meminta keterangan koordinator aksi saat itu juga. Bahkan pihak koordinator aksi tidak menyangka aksi itu akan diserbu ribuan warga. 

"Panitai saat kita panggil kooperatif. Dan mereka mengatakan di luar predislkis panitia juga. Mereka langsung meminta anggota aksi untuk pulang ke rumah masing masing," jelasnya. 

Untuk informasi, aksi unjuk rasa Peternak Ayam di depan kantor Bupati Blitar berlangsung dengan pelanggaran protokol kesehatan, Selasa (28/9/2021). Bagaimana tidak, ribuan warga Kabupaten Blitar tumpah ruah di Alun alun depan Kantor bupati Blitar di Kanigoro.

Mereka berdesak desakan menunggu pembagian telur dan ayam gratis. Sementara, Pemerintah Kabupaten Blitar masih menjalankan PPKM darurat level 2. Tak ayal, Polres Blitar pun mengambil langkah tegas dalam aksi peternak ayam di Kabupaten Blitar ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES