Peristiwa Daerah

Begini Cara LP Ma'arif NU Banyuwangi Bina Kapasitas Sakoma PAUD

Selasa, 28 September 2021 - 16:48 | 50.12k
LP Ma'arif NU Banyuwangi saat pembukaan ceremony Karang Pamitran (Foto : Rizki Alfian/ TIMESIndonesia)
LP Ma'arif NU Banyuwangi saat pembukaan ceremony Karang Pamitran (Foto : Rizki Alfian/ TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGILP Ma'arif NU Banyuwangi terus melakukan terobosan guna meningkatkan kapasitas sumber daya tenaga pendidik di Kabupaten Banyuwangi. Salah satunya melalui kegiatan Karang Pamitran.

Baru baru ini LP Ma'arif NU melakukan penguatan kapasitas pembina Prasiaga dan internalisasi Sakoma PAUD NU. Acara dilakukan di Madrasah Aliyah atau MA Tahfidzul Qur'an Baitussalam, Dusun Simbar, Desa Tampo, Kecamatan Cluring.

"Penguatan SDM ini sangat penting untuk keberlangsungan belajar mengajar tenaga pendidik di lingkungan NU," kata Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi, Zaki Al Mubarok, Selasa (28/9/2021).

PAUD NU Banyuwangi 2

Dalam kesempatan tersebut LP Ma'arif NU Banyuwangi mengundang sejumlah narasumber untuk menjadi pemateri dari Pembina Pramuka Siaga, di antaranya Kak Anwar, Kak Dur, Kak Bay dan Kak Say. Masing-masing punya karekteristik yang berbeda.

"Ini untuk berbagi pengalaman bersama, barangkali ada yang perlu diterapkan dalam mendidik anak-anak bisa dijadikan acuan. Karena mendidik anak-anak usia PAUD dan TK itu tidak gampang," ungkap Gus Zaki sapaan akrabnya.

Kegiatan Karang Pamitran diikuti oleh kurang lebih 198 Pembina Pramuka Pra Siaga tingkatan TK/RA LP Ma'arif NU dari 19 kecamatan se Banyuwangi. Mereka diajari banyak hal tentang problem solving dan menangani siswa. "Semoga ini menjadi awal kebaikan bagi kegiatan pramuka di TK/RA yang barokah," tandas Gus Zaki.

Sebelumnya, pada hari lahir Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Banyuwangi yang ke 92 tahun, diperingati dengan menggelar Kemah Karang Pamitran.

PAUD NU Banyuwangi 3

Kemah tersebut merupakan kemah yang diikuti oleh para Pembina Pramuka Satuan Komunitas Ma'arif NU Banyuwangi, dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (18-19/9/2021) di Perkemahan Bumi Sroyo, Kecamatan Songgon.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini. Dalam sambutannya Gus Maki, sapaan akrabnya, menyampaikan tentang pentingnya nguri-nguri pramuka khususnya di lingkungan LP Ma'arif NU.

"Pramuka ini bisa menjadi wasilah kita masuk surga. Karena muatan dasa darma pramuka semuanya ada dalam Al-Quran dan Hadits Nabi," tandas Gus Maki dalam kegiatan peringatan harlah LP Ma'arif NU Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES