Peristiwa Daerah

Musyawarah Agung Raja se-Nusantara Warnai FAKN di Sumedang

Selasa, 28 September 2021 - 16:51 | 56.65k
Pihak Keraton Sumedang Larang saat meninjau kesiapan kegiatan FAKN di Halaman Gedung Negara, Selasa (28/9/2021). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Pihak Keraton Sumedang Larang saat meninjau kesiapan kegiatan FAKN di Halaman Gedung Negara, Selasa (28/9/2021). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Radya Anom Keraton Sumedang Larang, Rd. Luky Djohari Soemawilaga sekaligus Steering Committee (SC) Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) yang terpusat di Keraton Sumedang Larang dan halaman Gedung Negara (GN) Kabupaten Sumedang memastikan, sebanyak 45 Raja se-Nusantara menghadiri kegiatan tersebut. 

"Kegiatan FAKN dimulai hari ini dan berakhir besok merupakan acara puncaknya. Alhamdulillah dihadiri langsung oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti," ujar Lucky kepada TIMES Indonesia di Keraton Sumedang Larang, Selasa (28/9/2021).

Keraton Sumedang 2>

Ia mengatakan, kegiatan FAKN yang dihadiri oleh 45 raja dari berbagai daerah se-Nusantara atau kerajaan yang memiliki sejarah dan sudah terverifikasi itu akan diwarnai oleh acara  musyawarah agung yang diikuti oleh para raja. Bahkan tertutup untuk umum. 

"Karena saat ini kondisinya masih pandemi, maka sebagai tuan rumah, pihak Keraton Sumedang Larang harus membatasi beberapa agenda kegiatan. FAKN ini dilakukan secara virtual dan sebagian besar rangkaian acara digelar secara daring," terangnya. 

Ia mengatakan, acara yang harus dibatalkan dan dinilai dapat menimbulkan kerumunan itu diantaranya, kirab prajurit keraton, pameran pusaka keraton, penampilan kesenian tiap daerah serta beberapa rangkaian kegiatan lainnya. 

"Pembatasan agenda kegiatan ini, terpaksa dilakukan dalam upaya mencegah potensi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Sumedang. Acaranya hanya akan diisi beberapa agenda pokok saja, yakni penampilan para raja dan permaisuri, royal opening, royal gala dinner, juga musyawarah agung khusus para raja se-Nusantara," ujarnya. 

Selain itu, terang Lucky, guna memastikan kegiatan tersebut benar-benar aman dari penyebaran Covid-19, maka sebelum masuk wilayah Sumedang seluruh peserta akan melewati pemeriksaan prokes secara ketat terlebih dahulu seperti menunjukkan kartu vaksinasi, hasil swab test antigen bahkan harus siap mengikuti prokes selama kegiatan berlangsung. 

"FAKN ini merupakan kegiatan berskala nasional dan sebagian besar rangkaian acara dilaksanakan secara virtual bahkan dapat disaksikan langsung oleh masyarakat melalui kanal You Tube Keraton Sumedang Larang," tandasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman menyatakan, penyelenggaraan FAKN ke 1 tahun 2021 merupakan kerja bareng Pemda Kabupaten Sumedang, Keraton Sumedang Larang, Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) RI.

"Ini adalah kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) DPD RI tahun 2021," ucapnya.

Diharapkan, imbuh Sekda, kegiatan tersebut dapat mempererat tali silaturahmi kebangsaan yang dimotori oleh raja-raja Nusantara, serta dapat menghasilkan ‘Deklarasi Sumedang’, yakni kesepahaman Raja-raja Nusantara untuk mendorong ketahanan bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan mengakselerasi pemulihan ekonomi.

"Sumedang saat ini dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, walaupun berdasarkan asesmen Kementerian Kesehatan ada di Level 2. Karena itu even nasional ini diselenggarakan dengan penerapan prokes yang ketat. Untuk acara pendukung berupa tampilan seni budaya khas ka-Sumedangan dilaksanakan secara virtual," kata Herman.

Sedangkan dari perspektif ekonomi, terang Herman, kegiatan FAKN yang dinilai sangat kreatif tersebut diharapkan dapat menjadi ajang promosi pariwisata, sehingga nantinya berdampak pada peningkatan kunjungan wisata ke Kabupaten Sumedang. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES