Pendidikan

MM UGM Kembali Masuk Top QS Global MBA World Rank 2022

Selasa, 28 September 2021 - 12:08 | 49.19k
MM UGM (FOTO: Dok. Humas UGM for TIMES Indonesia)
MM UGM (FOTO: Dok. Humas UGM for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis MM UGM kembali mempertahankan dan berhasil memperbaiki torehan prestasinya. Kali ini MM Universitas Gadjah Mada merupakan tahun kedua salah satu sekolah bisnis masuk dalam jajaran Top QS Global MBA World Rank 2022.

Perankingan yang digelar oleh lembaga perankingan dunia Quacquarelli Symonds (QS) dan diikuti oleh 286 program MBA dari universitas-universitas terbaik dunia, atau meningkat 28 program MBA dibandingkan tahun 2021 hanya 258 program MBA.

Agar memenuhi syarat, eligible dievaluasi QS. Program MBA harus mendapatkan akreditasi dari lembaga akreditasi internasional, salah satunya adalah AACSB International.

Penilaian perangkingan tersebut didasarkan pada lima aspek yaitu employability (40%), return on investment (20%), thought leadership (15%), entrepreneurship & alumni outcomes (15%) dan class and & faculty diversity (10%) serta melibatkan instrumen academics survey, employer survey dan school survey.

Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, mengapresiasi dan bangga terhadap pencapaian ini. Menurutnya prestasi tersebut merupakan hasil kolaborasi civitas akademika baik pengelola, dosen, mahasiswa, alumni dan mitra kerja sama untuk berprestasi di tingkat dunia.

“Ini prestasi yang membanggakan bagi kita untuk masuk Top #201-250 QS Global MBA Program dan peringkat kita naik ke #74 dari #75 di tahun lalu untuk aspek Entrepreneurship and Alumni Outcomes,” kata Panut dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Selasa (28/9/2021)

Dia menjelaskan MM UGM secara konsisten melakukan inovasi dan memperluas engagement dengan pemangku kepentingan di dalam dan luar negeri baik alumni dan mitra industri. Dengan lebih dari 38 universitas mitra luar negeri, MM UGM yang memiliki misi untuk mengembangkan pemimpin bisnis strategis yang berintegritas, terus memperluas dan memperdalam kolaborasi internasionalnya.

Salah satunya, lanjut Panut dengan meluncurkan ASEAN Master in Sustainability Management yang diikuti 23 mahasiswa dari berbagai negara di ASEAN yang didanai sepenuhnya pemerintah Norwegia dan bekerja sama dengan ASEAN University Network (AUN) dan University of Agder Norway.

Direktur MM UGM Kampus Jakarta, Prof. Eduardus Tandelilin mengatakan engagament dengan lebih dari 13.000 alumni yang tergabung dalam Kafegama MM juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari pendidikan di MM UGM melalui kerja sama di program immersion, guest lecture dan sertifikasi.

“Perankingan dunia bukanlah tujuan utama namun merupakan cermin dan pemacu bagi kami untuk bekerja lebih keras dan berkolaborasi,” ujar Eduardus yang didampingi Amin Wibowo, Ph.D, Direktur MM UGM Yogyakarta

Di tengah persaingan yang makin ketat dan bertambahnya jumlah Program MBA yang diranking, MM UGM menorehkan prestasi masuk dalam Top #201-250 QS Global MBA Program. Yang menggembirakan juga, skor tahun 2022 meningkat dari 36,5 (2021) ke 37,2. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES