Peristiwa Daerah

Antisipasi Penyebaran Rabies, Diskaneswan Lamongan Gelar Vaksinasi Gratis

Selasa, 28 September 2021 - 11:26 | 37.52k
Pysco, nama Kucing Persia hewan peliharaan milik warga yang menerima vaksinasi rabies di Disnakeswan Kabupaten Lamongan, Selasa (28/9/2021), Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
Pysco, nama Kucing Persia hewan peliharaan milik warga yang menerima vaksinasi rabies di Disnakeswan Kabupaten Lamongan, Selasa (28/9/2021), Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Untuk menghindari dan mengantisipasi penyebaran penyakit rabies bagi hewan peliharaan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menggelar program vaksinasi rabies secara gratis.

“Vaksinasi ini kita gelar dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) yang jatuh setiap tanggal 28 September,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Disnakeswan Kabupaten Lamongan, Imam Mukhtar, Selasa (28/9/2021).

Imam menuturkan, vaksinasi tersebut menyasar pada hewan peliharaan yakni kucing, anjing, kera dan musang. Memang kuota vakin yang disiapkan hanya 70 dosis, ia mengungkapkan, tapi yang yang mendaftar secara online mencapai 80 hewan peliharaan.   

“Ya, ini bentuk antusias warga Lamongan yang ingin hewannya terbebas dari penyakit rabies. Ini belum nanti yang mendaftar secara dadakan langsung datang ke kantor dinas,” kata Imam.

Vaksinasi Kucing a

Selain vaksinasi rabies, Imam mengaku, pihaknya juga mempromosikan makan telur secara gratis untuk membantu para peternak yang saat ini mengalami penurunan harga.

“Ini akibat pakan yang mengalami peningkatan harga. Jadi kita promosikan makan telur ayam agar harganya bisa merangkak naik,”  ucapnya.

Secara umum syarat hewan peliharaan yang diperbolehkan menerima vaksinasi rabies, harus berusia minimal 5 bulan, dalam keadaan sehat tidak sedang sakit, hewan tidak sedang bunting dan tidak dimandikan/grooming dalam waktu 1 minggu

“Kemudian kita lakukan screening mulai dari pengecekan berat badan, suhu, ada kutunya atau tidak kita anamnesa apakah beberapa hari terakhir mengalami sakit, mencret atau tidak. Baru dilakukan vaksin,” tutur drh. Doni.

Vaksinasi Kucing b

Sementara itu, drh. Fijratonias Akbar menjelaskan, vaksinasi rabies ini penting untuk meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh hewan peliharaan dari berbagai serangan penyakit utamanya rabies.

“Setelah menerima vaksinasi rabies hewan peliharaan tidak boleh dimandikan selama 2 minggu. Selain itu juga diberikan asupan vitamin sehari 2 kali untuk 3 hari kedepan,” ucap drh. Fijrat usai memberikan vaksin rabies di Disnakeswan Kabupaten Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES