Peristiwa Internasional

Pfizer Sedang Menguji Obat untuk Mencegah Infeksi Covid-19

Selasa, 28 September 2021 - 09:37 | 56.24k
Logo Pfizer tercermin dalam tetesan pada jarum suntik dalam foto ilustrasi ini yang diambil 16 Maret 2021. (FOTO: Reuters)
Logo Pfizer tercermin dalam tetesan pada jarum suntik dalam foto ilustrasi ini yang diambil 16 Maret 2021. (FOTO: Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPfizer Inc (PFE.N) mulai melakukan penelitian besar dengan menguji obat antivirus oral dalam upaya mencegah infeksi Covid-19 bagi yang telah terpapar virus.

Dilansir Reuters, pembuat obat dan para pesaingnya, termasuk Merck & Co Inc (MRK.N) yang berbasis di Amerika Serikat dan farmasi Swiss Roche Holding AG (ROG.S) berlomba untuk mengembangkan pil antivirus yang mudah digunakan untuk Covid-19. 

Studi tahap pertengahan hingga akhir akan menguji obat Pfizer, PF-07321332, pada hingga 2.660 peserta dewasa sehat berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di rumah yang sama dengan individu dengan infeksi Covid-19 bergejala yang dikonfirmasi.

Dalam uji coba, PF-07321332, yang dirancang untuk memblokir aktivitas enzim kunci yang diperlukan agar virus corona berkembang biak, akan diberikan bersama dengan ritonavir dosis rendah, obat lama yang banyak digunakan dalam pengobatan kombinasi untuk infeksi HIV.

Hingga saat ini, remdesivir obat intravena Gilead Sciences Inc (GILD.O) adalah satu-satunya pengobatan antivirus yang disetujui untuk Covid-19 di Amerika Serikat.

Pfizer juga telah memulai penelitian lain tentang PF-07321332 pada pasien dewasa tanpa gejala yang dirawat di rumah sakit.

Merck dan mitra Ridgeback Biotherapeutics baru-baru ini meluncurkan uji coba tahap akhir dari obat eksperimental molnupiravir mereka untuk pencegahan infeksi Covid-19. 

Molnupiravir juga sedang dipelajari dalam uji coba tahap akhir pada pasien yang tidak dirawat di rumah sakit untuk melihat apakah itu mengurangi risiko rawat inap atau kematian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES