Peristiwa Daerah

Pemkot Batu Pegang 7 Komitmen Kesetaraan Gender

Senin, 27 September 2021 - 21:59 | 30.11k
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi memegang trophy APE Tahun 2020 yang diberikan oleh Kementerian PPPA RI. (Foto: Prokopim for TIMES Indonesia)
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi memegang trophy APE Tahun 2020 yang diberikan oleh Kementerian PPPA RI. (Foto: Prokopim for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUPemkot Batu konsisten memegang tujuh komitmen kesetaraan gender, hingga akhirnya membawa Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI) memberikan Anugerah Prahita Ekapraya Kategori Utama Tahun 2020 dan Kota Layak Anak Kategori Madya Tahun 2021.

Tujuh komitmen yang membawa Kota Batu menerima Anugerah Prahita Ekapraya Kategori Utama adalah memiliki komitmen melaksanakan pengarus utamaan gender (PUG) di daerahnya yang dibuktikan dengan adanya payung hukum soal PUG.

Kedua, Kota Batu dinilai memiliki kebijakan yang berpihak pada PUG yang termaktub dalam RPJMD atau dalam surat edaran atau dalam sebuah pakta integritas mendukung PUG. Ketiga, Pemkot Batu memiliki Kelembagaan pendukung PUG.

Keempat, Kota Batu dianggap memiliki sumber daya manusia dan anggaran mendukung PUG. Kelima, Pemkot Batu dinilai memiliki alat analisis gender, keenam, memiliki data terpilah dan ketujuh, Pemkot Batu memiliki partisipasi masyarakat.

trophy APE

Sebelumnya Kemen PPPA RI telah melakukan verifikasi lapangan dengan metode daring mulai bulan Maret 2021 hingga 7 April 2021. Sebelumnya Pemkot Batu sudah melakukan pengisian formulir evaluasi implementasi PUG.

“APE tahun 2020 merupakan apresiasi karena daerah dinilai telah berhasil melaksanakan strategi PUG. APE bukan menjadi tujuan akhirnya dari pelaksanaan strategi PUG, karena tujuan akhir tidak lain adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Asisten Deputi Pengarustamaan Gender Bidang Ekonomi Kemen PPPA RI, Eni Widiyanti beberapa waktu lalu.

Hasil dari semua tahapan itu, akhirnya Pemkot Batu meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama Tahun 2020 dan Layak Anak Kategori Madya Tahun 2021.

trophy madya

Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi, mengatakan bahwa penghargaan ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Batu dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Alhamdulillah, kita mendapatkan penghargaan dari Kementerian PPPA karena kita memiliki komitmen penuh terhadap pengarusutamaan gender," kata Wali Kota Batu

Kedepan, jelasnya, Pemkot Batu akan terus berupaya untuk memperbaiki kinerja agar dapat meraih penghargaan mentor. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES