Peristiwa Internasional

Jumlah Universitas Taiwan yang Berpartisipasi dalam Pameran Daring Pendidikan Pecahkan Rekor Baru

Senin, 27 September 2021 - 19:49 | 30.04k
John C. Chen, Representatif dari TETO Indonesia, menyampaikan kata sambutannya dalam sesi pembukaan 2021 Taiwan Higher Education Fair (THEF) pada 27 September 2021 (FOTO: TETO Indonesia)
John C. Chen, Representatif dari TETO Indonesia, menyampaikan kata sambutannya dalam sesi pembukaan 2021 Taiwan Higher Education Fair (THEF) pada 27 September 2021 (FOTO: TETO Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mulai 27 September, Divisi Pendidikan Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Indonesia bekerja sama dengan Asia University dan 3 kantor Taiwan Education Center (TEC) di Indonesia untuk mengadakan 2021 Taiwan Higher Education Fair (THEF) Online terlama dan terpanjang.

Sebanyak 63 Universitas Taiwan berpartisipasi dalam pameran pendidikan Taiwan September ini, sehingga THEF kali ini memecahkan rekor jumlah universitas terbanyak dibandingkan THEF sebelumnya.

Acara pembukaan THEF mendapat kehormatan untuk menerima rangkaian sambutan dari Mon-Chi Lio selaku Deputi Bidang Politik Kementerian Pendidikan Taiwan, John C. Chen selaku Representatif dari TETO Indonesia, Presiden Asia University, serta 3 Rektor dari universitas mitra TEC di Indonesia yakni Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dalam sambutannya di pembukaan acara THEF, Mon-Chi Lio menyatakan bahwa Kementerian Pendidikan Taiwan menjadikan kolaborasi bidang pendidikan dengan Indonesia sebagai fokus utama.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejalan dengan Kebijakan Baru ke Arah Selatan oleh Pemerintah Taiwan, sudah banyak program kerja yang dilakukan untuk menggalakkan pertukaran bilateral, di antaranya adalah program beasiswa Kementerian Pendidikan Taiwan untuk pelajar Indonesia melanjutkan studi di Taiwan, program Huayu Enrichment Scholarship (HES) untuk pelajar Indonesia belajar Bahasa Mandarin di Taiwan, program beasiswa ELITE untuk para dosen Indonesia melanjutkan studi di Taiwan, dan masih banyak lagi program beasiswa lainnya.

Kementerian Pendidikan Taiwan berharap bahwa melalui program-program ini, kerja sama bidang pendidikan antara Taiwan dan Indonesia akan terus diperdalam.

John C. Chen menyampaikan, bahwa kinerja Taiwan yang sangat baik dalam mencegah pandemi covid-19 membuat pelajar di sana tetap dapat bersekolah dan masyarakat yang tinggal di Taiwan hampir selalu menikmati kehidupan yang aman dan bebas.

Selain itu, John C. Chen juga mengungkapkan, biaya kuliah yang terjangkau dan kualitas tinggi pendidikan di Taiwan menjadi alasan lebih dari 13.000 pelajar Indonesia melanjutkan studinya di Taiwan.

Ketika kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studinya di Taiwan dan tertempa dengan sangat baik oleh universitas di Taiwan, pelajar Indonesia akan menjadi sumber daya yang bertalenta tinggi yang mampu berkontribusi besar bagi sektor akademik maupun sektor esensial lainnya.

Presentasi universitas di THEF disiarkan secara langsung dari 27 hingga 29 September, namun rekaman video presentasi akan ada di website pameran daring (www.taiwanedufair.com) selama satu bulan.

Informasi terkait pendaftaran, jurusan yang tersedia, program belajar bahasa Mandarin, dan fasilitas dari setiap universitas juga telah ditampilkan secara lengkap di website.

Dengan mengakses website pameran daring, peserta THEF juga dapat dengan mudah menikmati sesi konsultasi langsung bersama representatif resmi universitas dari 27 September hingga 1 Oktober.

THEF yang rutin digelar tiap tahunnya ini menjadi kesempatan dan wadah terbaik bagi orang tua dan pelajar Indonesia untuk berkonsultasi dengan universitas-universitas di Taiwan, hal ini dikarenakan pengembangan fitur konsultasi daring di THEF yang juga semakin meningkatkan kualitas komunikasi dua arah dalam pameran pendidikan daring.

Di tahun-tahun mendatang, Kementerian Pendidikan Taiwan menargetkan semakin banyak pelajar internasional datang ke Taiwan untuk studi dan bekerja setelah lulus nantinya.

Saat THEF, TEC akan menyelenggarakan tiga webinar dengan topik yang sangat relevan dengan persiapan studi di Taiwan, seperti misalnya webinar persiapan ujian TOCFL (Test of Chinese as a Foreign Language) (30 September jam 10.00 WIB), sharing session oleh alumni Taiwan berprestasi (30 September jam 14.00 WIB), dan webinar terkait cara mengajukan Visa dan legalisir dokumen untuk keperluan studi di Taiwan (1 Oktober jam 10.00 WIB).

Rangkaian acara ini semakin membuat THEF kali ini memberikan informasi yang lebih komprehensif dan praktis bagi pelajar Indonesia mempersiapkan studinya di Taiwan.

Untuk menarik lebih banyak peserta, panitia Taiwan Higher Education Fair (THEF) juga menyiapkan segudang hadiah mulai dari beasiswa studi di Taiwan (S1, S2, S3), iPad, laptop, web camera, power bank, hingga berbagai gawai elektronik dan hadiah menarik lainnya. Hari pertama THEF telah menarik antusiasme hampir 5000 peserta yang mengunjungi website pameran pendidikan daring, dan jumlah peserta diperkirakan akan mencapai angka 11.000 dalam tiga hari pelaksanaan pameran pendidikan daring. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES