Hukum dan Kriminal

Malam Ini, Golkar Umumkan Nama Penggati Azis Syamsuddin di Kursi Pimpinan DPR RI

Senin, 27 September 2021 - 19:53 | 17.32k
Azis Syamsuddin. (FOTO: Tempo)
Azis Syamsuddin. (FOTO: Tempo)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPartai Golkar akan meggelar rapat pleno untuk memutuskan secara resmi nama pengganti Azis Syamsuddin di kursi Wakil Ketua DPR RI.

Dua nama yang dikabarkan bakal naik jabatan itu adalah Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus dan Ketua DPP Adies Kadir. Lodewijk dikabarkan naik jabatan dari anggota DPR RI menjadi Wakil Ketua DPR RI.

Sedangkan Adies Kadir dikabarkan akan naik jabatan jadi Waketum Partai Golkar bidang politik, hukum, dan HAM. Meski demikian, Golkar baru akan menggelar pleno malam ini membahas hal tersebut.

"Jadi rencananya baru malam ini itu ada rapat pleno DPP Partai Golkar untuk memutuskan calon yang ditunjuk oleh Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk mengganti Saudara Azis Syamsudin," ucap Adies Kadir di kompleks parlemen, Senin (27/9/2021).

Hasil pleno tersebut akan disampaikan Ketum Golkar Airlangga Hartarto secara langsung. Dalam pleno itu diputuskan pergantian posisi Wakil Ketua DPR RI dan Waketum Golkar.

"Ya kemungkinan akan diumumkan besok. Mungkin agak sore kali ya, mungkin Pak Ketua Umum sendiri yang akan mengumumkan, tapi nanti malam kelihatannya akan diputuskan," ujarnya.

Adies menyampaikan setiap kader Golkar memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki jabatan Waketum dan Wakil Ketua DPR RI. Soal pengganti Azis, Adies menegaskan kader senior lebih pas untuk jabatan itu.

"Memang yang paling senior tadi pagi saya sampaikan ada Pak Lodewijk, ada Pak Kahar. Memang yang paling, menurut saya paslah, menurut saya. Tapi kan kita belum tahu menurut Ketua Umum. Jadi ya kita tunggu nanti malam keputusannya nama siapa yang berada di kantong ketua umum," ucapnya.

Pergantian jabatan di Partai Golkar, menurut Adies, tak terlepas dari AD/ART partai. Airlangga, kata Adies, akan melandasi hal itu dalam mengambil keputusan.

"Di AD/ART ada yang namanya PDLT, prestasi dedikasi loyalitas dan tidak tercela. Itu ada di AD/ART kami dan tentunya ketua umum dalam mengambil keputusan pasti tidak jauh mengacu daripada anggaran dasar rumah tangga," imbuhnya.

Yang jelas, malam ini Partai Golkar akan meggelar rapat pleno untuk memutuskan secara resmi nama pengganti Azis Syamsuddin di kursi Wakil Ketua DPR RI setelah yang bersangkutan terjerat kasus dugaan korupsi di KPK. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES