Olahraga

Pesumo Hakuho Akan Pensiun setelah Memenangi Seribu Laga

Senin, 27 September 2021 - 18:16 | 148.44k
Pesumo Hakuho telah mencatat lebih banyak kemenangan, gelar, dan kejuaraan sempurna dibanding pesumo lainnya. (FOTO :Reuters)
Pesumo Hakuho telah mencatat lebih banyak kemenangan, gelar, dan kejuaraan sempurna dibanding pesumo lainnya. (FOTO :Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah mencapai kemenangan 1000 kali, pesumo juara terbesar, Hakuho (36) akan pensiun karena didera cidera lutut yang tidak segera sembuh.

Dilansir BBC, Hakuho naik ke peringkat teratas gulat sumo setelah tiba di Jepang dari negara asalnya, Mongolia pada umur 15 tahun.

Tetapi pesumo itu kemudian diganggu oleh cedera lutut yang terus-menerus dan menerima peringatan untuk absen karena cedera itu awal tahun ini.

Selama karirnya, Hakuho mencatat lebih banyak gelar, kemenangan, dan kejuaraan sempurna daripada pesumo lain dalam sejarah. Pensiunnya hanya menyisakan satu pegulat di peringkat tertinggi olahraga yokozuna.

Hakuho memulai debutnya pada tahun 2001 dan dipromosikan menjadi yokozuna enam tahun kemudian. Dia dikenal karena gaya menyerangnya yang luas dan telah dikreditkan dengan membawa penonton baru ke olahraga ini.

Yokozuna HakuhoYokozuna Hakuho (kiri)  sempat kalah dari Hokutofuji di Turnamen Grand Sumo Tahun Baru di Tokyo pada hari Selasa. (FOTO: The Japan Times/KYODO)

Tapi gulat telah mengambil korban, dan Hakuho harus menjalani operasi pada lutut kanannya awal tahun ini.

Dia menerima peringatan November lalu dari Dewan Pertimbangan Yokozuna, yang mengatakan bahwa ketidakhadiran di turnamen di masa depan dapat memaksa mereka untuk memensiunkannya.

Setelah memenangkan turnamen ke-45 pada bulan Juli lalu, pegulat itu mengatakan kepada penyiar Jepang, NHK bahwa kondisi fisiknya tidak baik dan bahwa dia akan memikirkan kariernya dengan hati-hati.

Hakuho diberi hak oleh Jepang untuk menjalankan kandang pegulatnya sendiri di masa depan.

Hakuho yang memperoleh kewarganegaraan Jepang pada tahun 2019 ini mengatakan, bahwa menjadi pelatih gulat sumo akan menjadi cara untuk menunjukkan rasa terima kasihnya pada olahraga ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES