Peristiwa

Dua Pasang Penari Argentina Juara Dunia Tango 2021

Senin, 27 September 2021 - 16:20 | 34.48k
Pedro Zamin dan Florencia Mendez berlaga di babak final kategori etape Tango World Championship, di Buenos Aires, Argentina (25/9/2021). Kegiatan digelar dengan prokes serta pengurangan kapasitas. (Foto: AP Photo/Natacha Pisarenko)
Pedro Zamin dan Florencia Mendez berlaga di babak final kategori etape Tango World Championship, di Buenos Aires, Argentina (25/9/2021). Kegiatan digelar dengan prokes serta pengurangan kapasitas. (Foto: AP Photo/Natacha Pisarenko)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua pasang penari Tango asal Provinsi Buenos Aires, Argentina memenangkan Tango Buenos Aires Festival Mundial edisi 2021

Lebih dari 400 pasangan dari 25 negara ambil bagian dalam Kejuaraan Dunia Tango 2021, yang dirayakan bersamaan dengan festival tersebut.

Edisi kali ini masih diwarnai  dengan kesulitan yang ditimbulkan oleh darurat kesehatan oleh pandemi Covid-19 serta situasi yang makin rumit karena pembatasan untuk masuk ke Argentina.

Tetapi tahun ini, festival dan kejuaraan dunia sekaligus memperingati seratus tahun kelahiran Astor Piazzolla.

Para peserta tampil seperti biasa dalam dua kategori dalam kompetisi, Tango de piste yang tetap lebih setia pada asal-usul tango serta escenario Tango di mana koreografi yang lebih akrobatik lebih disukai.

Di atas panggung yang khusus didirikan di dekat Obelisk Buenos Aires, untuk kategori Tango de Pista, Agustín Agnez dan Bárbara Ferreyra, dari San Fernando, menang. Sedangkan kategori Tango Escenario diraih oleh Emmanuel Casal dan Yanina Muzyka, dari Avellaneda.

Selama sepuluh hari, tarian tango begitu intens di ibukota Argentina, meskipun dalam mode 'hibrida' antara pertunjukan dan intervensi baik di depan maupun dari jarak jauh.

Terlepas dari segalanya, itu adalah edisi khusus, diperkaya dengan pertunjukan untuk menghormati Diego Armando Maradona, Aníbal Troilo, Astor Piazzolla dan Juan Carlos Copes, legenda tango yang baru saja meninggal dunia.

Tango adalah jenis tarian sensual yang diiringi dengan gabungan irama musik dari Afrika dan Milonga Argentina. Tango pertama kali muncul di sebuah distrik di kota Buenos Aires pada abad ke-19.

Jaman dulu di awal kemunculannya, tarian ini kerap dipandang sebelah mata. Namun  kini Tango telah diterima oleh seluruh lapisan masyarakat di Argentina dan menjadi warisan budaya yang wajib dilestarikan.

Karena itulah Argentina mendapat sebutan negeri Tango. Bahkan kepopuleran Tango sudah sampai ke negara-negara lain di dunia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES