Gaya Hidup

Ingin Kolesterol Turun Tanpa Obat-obatan? Begini Caranya...

Selasa, 28 September 2021 - 03:28 | 74.05k
Ingin Kolesterol Turun Tanpa Obat-obatan? Begini Caranya...
Ilustrasi. (Foto: www.wholelifechallenge.com)
Pewarta: | Editor: Faizal R Arief

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meski memiliki manfaat, kolesterol merupakan zat yang harus diwaspadai bila kadarnya terlalu tinggi. Berikut cara menurunkan kolesterol secara alami, tanpa obat-obatan.

Berdasarkan data Litbangkes, sebesar 34,1 persen penduduk Indonesia memiliki penyakit hipertensi atau darah tinggi. Salah satu penyebab hipertensi adalah tingkat kolesterol yang melebihi ambang batas wajar. Namun Anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara untuk menurunkan kolesterol alami.

Apa Itu, kolesterol dan macam-macam Kolesterol

Saat membicarakan kolesterol, kerap kali yang terbayang adalah zat jahat dan berbahaya yang wajib Anda hindari. Padahal, zat yang diproduksi oleh hati ini memiliki peran penting dalam  berlangsungnya sistem metabolisme tubuh.

Selain membantu pemeliharaan sel-sel dalam tubuh, kolesterol juga membantu proses pencernaan lemak dengan membantu hati memproduksi empedu, serta membantu sistem keseimbangan hormon seperti kortisol dan testosteron dalam tubuh.

Kolesterol merupakan zat yang tidak larut dalam darah. Maka dari itu, tubuh membuat zat bernama lipoprotein yang berfungsi untuk mengangkut kolesterol agar bisa kembali bermanfaat dalam proses metabolisme tubuh.

Terdapat dua macam lipoprotein, yaitu HDL (High Density Lipoprotein) yang memiliki julukan kolesterol baik dan LDL (Low Density Lipoprotein) yang juga disebut kolesterol jahat.

Selain itu, anda juga bisa menemui jenis lemak lain bernama Trigliserida dalam pemeriksaan kadar kolesterol. Trigliserida berfungsi untuk memproses kalori dan menghasilkan tenaga.

Dampak Kolesterol Berlebih Bagi Tubuh

Jumlah kolesterol yang lebih dari taraf wajar dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti darah tinggi, stroke, gangguan sistem endokrin dan penyakit jantung koroner.

Tidak hanya itu, kolesterol yang tinggi juga berdampak buruk pada sistem saraf, sistem pencernaan dan sistem produksi hormon dalam tubuh.

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Pada dasarnya, proses menurunkan kolesterol bisa anda lakukan dengan mudah menggunakan metode-metode alamiah. Berikut adalah tips untuk menurunkan kolesterol secara alami.

1. Ganti Konsumsi Susu Sapi dengan Susu

Kambing Salah satu penyumbang lemak jahat yang kerap Anda temui di kehidupan sehari-hari adalah susu sapi dan produk turunannya (dairy). Meski susu sapi tidak perlu serta merta berhenti, penting untuk tetap membatasi jumlah konsumsinya.

Sebagai alternatif pengganti susu sapi, Anda bisa mengonsumsi susu hewani lain. Salah satu jenis susu yang baik untuk kesehatan tubuh adalah susu kambing etawa.

Manfaat susu kambing etawa sangat beragam, mulai dari mengatasi masalah lambung hingga mencerdaskan otak. Selain itu, mengkonsumsi susu kambing etawa juga salah satu cara untuk menurunkan kolesterol yang aman.

2. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh merupakan lemak yang ada di berbagai sumber makanan. Apabila Anda konsumsi dalam tingkat yang terlalu tinggi, lemak jenuh bisa memicu produksi LDL yang mampu meningkatkan kolesterol.

Pada umumnya, lemak jenuh terdapat pada berbagai sumber makanan hewani dan tumbuhan seperti daging sapi, unggas, hingga minyak sayur dan minyak sawit.

3. Perbanyak Makanan Tinggi Serat

Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat.

Serat terbagi menjadi dua jenis, yaitu soluble fiber atau serat yang larut dalam air dan insoluble fiber atau serat yang tidak larut dalam air. Keduanya memiliki benefit yang besar. Namun, serat larut memiliki efektivitas lebih besar dalam menurunkan jumlah kolesterol.

Salah satu peran serat larut dalam mengurangi kolesterol adalah dengan mengurangi jumlah empedu dalam tubuh, sehingga hati bisa memproduksi empedu kembali dengan memanfaat jumlah kolesterol berlebih yang ada dalam tubuh.

Beberapa makanan yang tinggi kandungan seratnya adalah gandum, kacang-kacangan, sayuran hijau dan alpukat.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Omega 3

Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh ganda yang terbukti memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Fungsi Omega 3 adalah mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

Makanan yang memiliki zat Omega 3 yang tinggi adalah berbagai jenis ikan seperti salmon, kembung, tenggiri, biji-bijan serta alpukat. Selain itu, Omega 3 juga tersedia di pasaran dalam bentuk suplemen.

5. Kurangi Konsumsi Gula

Apabila membicarakan kolesterol, kerap kali yang menjadi momok menakutkan adalah lemak. Padahal, konsumsi gula yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu pemicu naiknya tingkat kolesterol dalam tubuh.

Tidak hanya meningkatkan kadar lemak jahat dalam tubuh, gula juga bisa meningkatkan kadar trigliserida. Keduanya merupakan penyebab penyakit jantung dan diabetes.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengurangi konsumsi gula? Salah satu caranya adalah dengan menggantinya dengan bahan alami, misalnya saja madu atau stevia. Tentu saja konsumsi dalam taraf sewajarnya.

6. Turunkan Berat Badan

Untuk Anda yang mengalami obesitas, menurunkan berat badan merupakan salah satu cara buat menurunkan kolesterol.

Selain untuk mengurangi lemak dalam tubuh, mengurangi berat badan dapat mempengaruhi jumlah kolesterol dengan cara menormalkan proses metabolisme dalam tubuh.

Dalam sejumlah studi, terlihat bahwa peserta yang sebelumnya memiliki keluhan kolesterol tinggi mampu meningkatkan jumlah LDL-nya dengan menempuh proses menurunkan berat badan.

7. Olahraga Secara Rutin

Berolahraga merupakan salah satu metode yang paling ampuh untuk menekan tingkat kolesterol. Ini karena aktivitas fisik yang intens mampu mengurangi kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL.

Pada dasarnya, semua jenis olahraga baik untuk menurunkan tingkat kolesterol. Meski begitu, terdapat beberapa jenis olahraga yang lebih efektif daripada yang lain, yaitu jogging, bersepeda, renang, yoga, serta weightlifting (angkat beban).

Agar semakin efektif, lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau 150 menit setiap minggu.

8. Hindari Merokok

Sudah bukan rahasia bahwa merokok dapat menimbulkan berbagai dampak buruk pada tubuh, begitu pula dengan pengaruhnya terhadap tingkat kolesterol.

Merokok dapat mengubah cara kerja sel imun dalam tubuh sehingga tidak lagi mampu untuk membawa kolesterol ke hati dan berkontribusi untuk metabolisme tubuh.

Untungnya, berhenti merokok dapat mengembalikan fungsi-fungsi tubuh seperti semula.

9. Batasi Konsumsi Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang kerap dinikmati dalam berbagai situasi, mulai dari rekreasional hingga tradisi dalam beribadah.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah yang wajar mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu, alkohol juga berperan untuk menghilangkan kolesterol dalam darah dan membawanya menuju hati.

Meski begitu, studi juga menunjukkan bahwa konsumsi alkohol berlebihan dapat berakibat buruk pada hati dan menyebabkan ketergantungan. Maka dari itu, sebaiknya alkohol dikonsumsi secara bijak.

10. Konsumsi Makanan Herbal Penurun Kolesterol Indonesia memiliki beragam cara untuk menurunkan kolesterol secara tradisional. Selain mudah untuk Anda temui, manfaatnya pun tidak kalah dengan obat-obatan modern.

Salah satu resep ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol yang mudah Anda temukan di kehidupan sehari-hari adalah daun suji, daun salam atau jahe yang berupa rebusan.

11. Tetap Hidup Sehat

Perlu Anda ketahui bahwa kadar kolesterol normal pada setiap usia dan jenis kelamin bisa berbeda-beda. Maka dari itu, penting untuk melakukan cek kolesterol secara rutin setiap lima tahun sekali, atau tiga bulan sekali apabila jumlah kolesterol sedang tinggi.

Cara untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah penerapan pola hidup sehat yang konsisten. Hindari mengkonsumsi rokok dan alkohol, sebaiknya konsumsi bahan pangan yang rendah lemak dan bernutrisi seperti: susu kambing etawa, sayur-sayuran dan madu. (*)



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • Makan Sehat Saja Tak Cukup, Madame Chang Ajak Warga Olahraga
    Makan Sehat Saja Tak Cukup, Madame Chang Ajak Warga Olahraga
    26/10/2021 - 06:16
  • Angkringan Among Tani Gives You a Taste of Yogyakarta in Batu
    Angkringan Among Tani Gives You a Taste of Yogyakarta in Batu
    26/10/2021 - 05:32
  • Bakso Lava of Omah Bakso Sully, the Spiciness will Make You Cry in Tears
    Bakso Lava of Omah Bakso Sully, the Spiciness will Make You Cry in Tears
    26/10/2021 - 03:29
  • Amily Hijab, Melenggang Penuh Pesona dari Indonesia Fashion Week
    Amily Hijab, Melenggang Penuh Pesona dari Indonesia Fashion Week
    26/10/2021 - 01:22
  • Membangun Kesadaran Atas Kekerasan Berbasis Gender Terhadap Perempuan
    Membangun Kesadaran Atas Kekerasan Berbasis Gender Terhadap Perempuan
    26/10/2021 - 00:27

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Membangun Kesadaran Atas Kekerasan Berbasis Gender Terhadap Perempuan
    Membangun Kesadaran Atas Kekerasan Berbasis Gender Terhadap Perempuan
    26/10/2021 - 00:27
  • Teladan Nabi, Moderasi Beragama dan Islam Kita
    Teladan Nabi, Moderasi Beragama dan Islam Kita
    25/10/2021 - 16:00
  • Memuliakan Guru Honorer
    Memuliakan Guru Honorer
    25/10/2021 - 15:00
  • Kapan Pandemi Berakhir
    Kapan Pandemi Berakhir
    23/10/2021 - 17:33
  • Santri di Era Revolusi Masyarakat 5.0
    Santri di Era Revolusi Masyarakat 5.0
    23/10/2021 - 13:13
  • Menjaga Identitas Kesantrian untuk Indonesia yang Lebih Hebat
    Menjaga Identitas Kesantrian untuk Indonesia yang Lebih Hebat
    23/10/2021 - 09:32
  • Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin
    Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin
    23/10/2021 - 02:01
  • Refleksi Singkat Tentang Maulid
    Refleksi Singkat Tentang Maulid
    23/10/2021 - 00:29

KULINER

  • Ini Alasan Pepaya Dijuluki Malaikatnya Buah
    Ini Alasan Pepaya Dijuluki Malaikatnya Buah
    25/10/2021 - 13:09
  • Tak Sampai Rp20 Ribu, Lezatnya Domba Bakar Madu di Malang
    Tak Sampai Rp20 Ribu, Lezatnya Domba Bakar Madu di Malang
    25/10/2021 - 04:08
  • 135 Orang Ikuti Pelantikan PCNU Ciamis Masa Khidmat 2021-2026
    135 Orang Ikuti Pelantikan PCNU Ciamis Masa Khidmat 2021-2026
    24/10/2021 - 22:02
  • 5 Kuliner Korea yang Hits di Indonesia
    5 Kuliner Korea yang Hits di Indonesia
    23/10/2021 - 12:00
  • Sate Layah, Sate Ayam Hidden Gem dengan Saus Kacang Melelehkan Hati
    Sate Layah, Sate Ayam Hidden Gem dengan Saus Kacang Melelehkan Hati
    23/10/2021 - 06:51