Peristiwa Nasional Indonesia Herd Immunity

Pemerintah Tegaskan Vaksinasi Covid-19 Tahap Ketiga Masih Khusus Nakes

Senin, 27 September 2021 - 15:40 | 33.63k
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Kemenkominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Kemenkominfo)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo RI) Johnny G Plate menyampaikan bahwa pemerintah berencana menggelar vaksinasi Covid-19 tahap ketiga di Indonesia. Tujuannya agar percepatan penanganan covid-19 bisa tercapai.

Kemudian, dia juga menjelaskan vaksin booster hanya diberikan untuk nakes agar melindungi mereka dalam menjalankan tugasnya di tengah pandemi Covid-19. Merek diharapkan bisa bertahan dan sabar saat menjalani tugas.

Oleh karena itu, Menteri Johnny berharap para tenaga kesehatan bahagia dengan layanan vaksinasi tahap ketiga tersebut. Mereka dinilai sangat rentan ketika bekerja bahkan bersentuhan langsung dengan virus di setipa rumah sakit tempat mereka bekerja.

"Prioritas program vaksin booster saat ini adalah tenaga kesehatan sebagai populasi berisiko, sekaligus vital dalam mendukung layanan dalam kesehatan di masa pandemi," ujar Johnny G Plate di Jakarta, Senin (27/9/2021).

Sementara itu, dia menjelaskan bahwa pemerintah masih terus mengkaji rencana program vaksin ketiga untuk masyarakat umum pada tahun depan.  Menurut Menkominfo Johnny, kebijakan tersebut masih memerlukan pertimbangan dan pembahasan yang lebih dalam. 

Apalagi saat ini, jumlah penerima vaksin Covid-19 untuk dosis pertama belum mencapai 50 persen dari total penduduk Indonesia. Hingga 24 September 2021, pemberian vaksin dosis ketiga bagi nakes sudah mencapai 60,74 persen lebih dari sasaran vaksinasi sebanyak 892.192 orang.

"Saat ini vaksin booster memang baru diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. Hal ini lantaran kelompok tersebut lebih berisiko terpapar Covid-19. Nah yang untuk umum kita melakukan kajian secara detail, terutama dengan para pakar," pungkas Menkominfo RI terkait rencana vaksinasi Covid-19 tahap ketiga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES