Peristiwa Daerah

Dilepas Bupati, Kirab Pusaka Hari Jadi 494 Indramayu Melintasi 31 Kecamatan

Senin, 27 September 2021 - 14:42 | 49.14k
Bupati Indramayu serahkan pusaka senjata Cakra Hudaksana.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Bupati Indramayu serahkan pusaka senjata Cakra Hudaksana.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYUBupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar melepas kirab pusaka dalam rangka Hari Jadi Indramayu ke-494 tahun 2021. Konvoi kendaraan akan melintasi 31 wilayah kecamatan di Kabupaten Indramayu.

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan kirab pusaka digelar selama dua hari yakni Senin-Selasa (27-28/9/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan kesenian dan budaya serta sebagai upaya pelestarian bagi generasi muda.

"Setiap tahun kegiatan hari jadi memang dilaksanakan salah satunya dengan menampilkan pusaka peninggalan masa lalu," ujar Nina.

Peserta kirab terdiri dari iring-iringan kendaraan yang diawali dengan kendaraan pusaka, simbol gagak winangsih, dan kendaraan dinas serta tim pelestarian budaya.

Nina menambahkan, selain mengenalkan kesenian dan budaya, kirab budaya juga digelar sebagai bentuk sosialisasi hasil pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah. Serta sebagai wujud syukur atas prestasi dan pencapaian yang diraih Kota Mangga.

Kirab-Pusaka-2.jpg

"Dan sebagai ungkapan permintaan doa restu kepada masyarakat untuk membangun daerah agar lebih sejahtera sesuai visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat, red)," ujar Nina.

Dalam momentum hari jadi ke-494, Pemkab Indramayu telah menyiapkan beberapa agenda yang diawali dengan pencucian pusaka. Setelah kirab budaya, akan melaksanakan pekan batik Indramayu, lomba desain batik, ziarah makam leluhur dan pertunjukan video mapping di alun-alun Indramayu.

Kegiatan akan dilanjutkan dengan midang bareng diaspora, kirab tunggal pataka dan sidang patipurna istimewa, sehari memakai pakaian adat dan khotmil quran. Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan pagelaran seni tradisional Dermayu.

"Momentum hari jadi ke-494 Indramayu kita jadikan refleksi dan syukur sekaligus proyeksi untuk program pembangunan di masa mendatang. Kita berharap Indramayu lebih makmur, lebih religius dan hebat sesuai visi Indramayu Bermartabat," ujar Bupati Indramayu usai melepas kirab pusaka dalam rangka Hari Jadi Indramayu ke 494. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES