Indonesia Positif

Apel Pagi ASN LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Suprapto Tekankan Bekal Softskill Mahasiswa

Senin, 27 September 2021 - 11:32 | 43.77k
Soeprapto, Ketua Kopertis VII JatimB: ASN, dosen dpk UWG mengikuti apel via zoom.
Soeprapto, Ketua Kopertis VII JatimB: ASN, dosen dpk UWG mengikuti apel via zoom.

TIMESINDONESIA, MALANG – Semangat yang luar biasa masih membara di dada para ASN LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur. Pukul 07.14 wib sudah hadir 104 peserta di ruang zoom

Apel secara daring ini dimulai dengan absen yang dituliskan melalui kolom chat. Masih dengan susunan acara yang sama seperti apel-apel  yang lalu, pewara memulai acara dengan membacakan beberapa tata tertib, juga membacakan beberapa point dari SE Sesjen Nomer 13 Tahun 2021, bahwa diadakannya Apel Pagi Senin ini adalah bagian dari upaya menjaga dan meningkatkan rasa kebangsaan, cinta tanah air dan pengabdian sebagai ASN terhadap negara dan masyarakat. Selain itu juga sebagai salah satu bagian dari perwujudan disiplin ASN.

Kegiatan apel dimulai dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya, Hening Cipta, Pembacaan Naskah Pancasila, Naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Sapta Prasetya Korpri.

Pembina Apel Kepala LLDIKTI VII Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Soeprapto, DEA memberikan arahannya. Dengan ungkapan rasa syukur dan harapan akan kesehatan dan kebahagiaan seluruh peserta dan dijauhkan dari Covid-19, agar dapat melaksanakan tugas memberikan pengajaran kepada para mahasiswa yang tidak dapat dilakukan oleh para orangtua.

“Kita harus menerima tugas yang diserahkan para orangtua yaitu memberikan pengajaran kepada para mahasiswa dengan ringan hati dan ringan pikiran. Di depan, para orangtua, masyarakat dan negara menunggu bagaimana hasil dari kinerja kita. Tentunya yang diharapkan adalah sumberdaya manusia yang memiliki daya saing dan kompetensi besar, yang salah satunya dilalui melalui amunisi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka),” kata Soeprapto.

dosen

Selanjutnya pimpinan kantor yang berlokasi di Jalan Dr. Ir. Soekarno No. 77 Surabaya ini menambahkan bahwa selain hardskill, kepada mahasiswa juga perlu diberikan softskill. “4C dan 1E yang sangat penting untuk menjadi perhatian adalah Critical thinking, Creativity, Communication, Collaboration, dan Ethics,” jelasnya. 

Arahan Pembina Apel Pagi Senin ini diakhiri dengan kembali mengingatkan seluruh peserta untuk bekerja dengan hati dan pikiran bukan hanya untuk urusan dunia, tetapi juga untuk urusan akhirat.

Muhammad Agus Sahbana, ST, MT, satu dari 31 ASN LLDIKTI VII yang dipekerjakan di Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang, berkomentar singkat tentang kehadirannya pada Apel Pagi Senin hari ini.

Peserta lain dari 18 ASN dpk UWG yang hadir pagi ini, Zulkarnain, SH, MH menyampaikan keluhan sebagaimana pernah disampaikan oleh salah satu peserta pada Apel Pagi Senin tanggal 20 September 2021.

“Saat ini sudah dimulai pembelajaran Semester Gasal Tahun 2021/2022, dan beberapa PTS mengawali perkuliahan pada Pukul 07.00. Artinya, bisa jadi ada beberapa dosen ASN dpk yang karena mendapatkan jadwal mengajar Senin jam pertama yang tidak dapat mengikuti Apel Pagi Senin. Mengajar adalah satu dari tri dharma perguruan tinggi yang menjadi kewajiban dosen,”. kata Zulkarnain.

Ketua Program Studi Ilmu Hukum ini juga berkomentar, apakah ASN dpk dianggap kurang disiplin sehingga harus diadakan Apel Pagi Senin yang wajib harus diikuti dengan menggunakan atribut tertentu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES