Peristiwa Internasional

USAF Pensiunkan B-1B Lanser Jelang Kehadiran Pembom B-21 Raider Terbaru

Senin, 27 September 2021 - 10:20 | 109.11k
B-1B Lancer saat berada di parkiran Pangkalan Angkatan Udara Edwards, California, 23 September 2021. (Foto Angkatan Udara oleh Clay Cupit)
B-1B Lancer saat berada di parkiran Pangkalan Angkatan Udara Edwards, California, 23 September 2021. (Foto Angkatan Udara oleh Clay Cupit)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) berencana untuk mempensiunkan semua pembom B-1B Lancer dan B-2 Spirit pada tahun 2030-an.

Mereka akan digantikan dengan pembom B-21 Raider serta membangun kembali B-52 Stratofortress dengan mesin yang diperbaharui.

Sekretaris Angkatan Udara, Frank Kendall mengatakan bahwa pabrikan Northrop Grumman sekarang sedang membangun lima pesawat uji bomber B-21 Raider.

Dilansir Military Daily.news, Pembom B-21 Raider pertama diharapkan bisa melakukan uji terbang pertamanya tahun depan dan operasionalnya bisa mulai akhir dekade ini.

Tiga belas dari 17 unit B-1B Lancer sudah berada di boneyard Davis-Monthan. Pesawat itu akan disimpan di sana dalam kondisi yang cukup baik sehingga bagian-bagiannya bisa dikanibal untuk memperbaiki pembom lainnya.

Boneyard adalah tempat penyimpanan akhir pesawat udara Amerika Serikat yang terletak di Pangkalan Udara Davis-Monthan di Arizona.

Pangkalan ini berupa kawasan terbuka tempat penyimpanan pesawat udara yang sudah dipensiunkan karena sudah habis masa operasinya, tidak layak terbang, atau tidak dibutuhkan lagi.

B-1B-Lancer-2.jpgSalah satu sudut boneyard Davis-Monthan, pangkalan tempat pesawat-pesawat tempur Amerika Serikat yang sudah tak dipakai lagi.(FOTO: AirTeamImage)

Sementara empat B-1 Lanser lainnya yang dipensiunkan akan dibagi-bagi di beberapa Pangkalan Udara, yakni :

- Pangkalan Udara Edwards, California. Akan difungsikan sebagai prototipe untuk menguji perbaikan struktural.

- Pangkalan Angkatan Udara Tinker, Oklahoma

- Institut Nasional untuk Penelitian Penerbangan di Wichita, Kansas. Digunakan untuk pemetaan secara digital.

- Pangkalan Angkatan Udara Barksdale, Lousiana. Akan dipajang di museum.

Angkatan Udara sebelumnya mempensiunkan 33 B-1 pada tahun 2003.

Sejauh ini pesawat terakhir dari kelompok 17 paling tua, pembom B-1B Lancer telah dikirim ke boneyard Davis-Monthan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES