Peristiwa Daerah

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa Panen Raya Ikan Lele

Minggu, 26 September 2021 - 22:36 | 67.73k
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa ikut melakukan panan raya ikan lele di kolam milik Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Usaha Mulia Dusun Kandangsari, Kapanewon Ngaglik, Sleman, Minggu (26/9/2021). (FOTO: Azis for TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa ikut melakukan panan raya ikan lele di kolam milik Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Usaha Mulia Dusun Kandangsari, Kapanewon Ngaglik, Sleman, Minggu (26/9/2021). (FOTO: Azis for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SLEMANWakil Bupati Sleman Danang Maharsa ikut melakukan panan raya ikan lele di kolam milik Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Usaha Mulia Dusun Kandangsari, Kapanewon Ngaglik, Sleman, Minggu (26/9/2021). Selain panen ikan lele, Danang membuka bazar murah paket bahan pokok yaitu lele, beras, gula, dan minyak. Bahan pokok senilai Rp 70 ribu hanya di jual sebesar Rp 35 ribu.

Program ini terlaksana atas dukungan Fakultas Pertanian UGM dalam rangka lustrum ke XV, Takmir Masjid Baitul Jannah dan program CSR dr Transco (Transport Studies Community). Dalam kesempatan tersebut, Danang mengapresiasi KSM Usaha Mulia dan Fakultas Pertanian UGM yang ikut mendampingi warga dalam budidaya ikan lele.

Wakil Bupati Sleman 2

“Harapan kami kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain, khususnya di Kabupaten Sleman dalam rangka pengembangan usaha budi daya lele serta pengolahan lele yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat,” kata Danang Maharsa yang juga didampingi Ketua TP PKK Sleman, Sri Hapsari Suprobo Dewi.

Bagi Danang, apa yang telah dilakukan anggota KSM Usaha Mulia perlu ditiru warga lain. Sebab, kegiatan ini bagian dari ikut menyukseskan program pemerintah yaitu gemar makan ikan.

Untuk mengoptimalkan keberadaan budidaya ian, Danang menegaskan Pemkab Sleman akan ikut memberikan pendampingan kepada kelompok ikan. Tujuannya agar produksi meningkat dan olahan ikan dapat dipasarkan di masyarakat luas.

“Masalah pangan adalah hak masyarakat untuk dipenuhi oleh pemerintah, seperti pesan Bung Karno yang mengatakan bahwa soal pangan, adalah soal hidup matinya bangsa,” jelas politisi PDI Perjuangan ini.

Wakil Bupati Sleman 3

Wakil Dekan Bidang Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama, Fakultas Perikanan UGM Dr Sri Nuryani Hidayah Utami mengatakan pendampingan ini merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Departemen perikanan UGM membina masyarakat disini untuk memelihara ikan lele, kemudian setelah lelenya besar kami berikan bimbingan untuk pengolahannya berupa produk olahan seperti cilok, sempol, abon lele, empek-empek, sate lele, dan lain sebagainya,” kata Utami. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES