Kuliner

Kujipang Tuse, Cemilan Gurih dan Nikmat Oleh-oleh Khas Indramayu

Senin, 27 September 2021 - 01:27 | 134.77k
Tusriah, owner Kujipang Tuse, cemilan gurih oleh-oleh khas Indramayu. (Foto: Kujipang Tuse for TIMES Indonesia)
Tusriah, owner Kujipang Tuse, cemilan gurih oleh-oleh khas Indramayu. (Foto: Kujipang Tuse for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Kue biji ketapang atau Kujipang merupakan salah satu jajanan tradisional dan menjadi oleh-oleh khas Indramayu, Jawa Barat. Cemilan renyah bebentuk mirip biji ketapang itu mulanya hanya disajikan saat momen hari raya idul fitri atau lebaran.

Kini, di tangan Tusriah, Kujipang berhasil dikreasikan menjadi jajanan kekinian dengan beragam rasa dan dalam kemasan modern. Ibu rumah tangga asal Desa Babadan, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu itu bahkan telah berhasil memasarkan produknya hingga ke luar Kota Mangga.

"Saya memang punya mimpi melestarikan dan mengangkat kembali makanan tempo dulu menjadi jajanan yang lebih kekinian," ujar Tusriah, kepada TIMES Indonesi, Minggu (26/9/2021).

Tusriah bercerita, awal mula usaha produksi Kujipang dimulai dari kegemarannya mencoba resep-resep kue dan makanan. Pada tahun 2015 ia pun tertarik membuka usaha aneka kue kering seperti nastar, putri salju, kue kacang dan lainnya.

Kujipang Tuse a

"Sampai akhirnya saya memilih untuk fokus di Kujipang karena masih sedikit atau tidak ada yang fokus di jajanan tradisional ini," ujar Tusriah.

Kujipang sendiri adalah kue kering berbahan dasar tepung terigu, margarin, gula pasir, santan, garam, vanili, wijen dan kelapa. Sensasi renyah dan rasa gurih serta manis berpadu saat menggigit cemilan beraroma harum ini.

"Teksturnya yang garing dan sedikit keras dan renyah sangat cocok dinikmati saat santai sambil minum teh atau kopi," ujar Tusriah.

Soal harga, jajanan bermerk Kujipang Tuse ini sudah dapat anda nikmati hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp15 ribu untuk kemasan 150 gram. Dengan tiga pilihan rasa yakni wijen, kelapa dan rasa bawang.

Produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ini dapat dipesan secara langsung ke lokasi produksi atau melalui sejumlah reseller. Juga bisa melalui akun media sosial seperti facebook dan instagram.

Kujipang Tuse b

"Untuk wisatawan bisa membeli di toko oleh-oleh atau berkunjung ke rumah produksi kami," ujar Tusriah.

Ia menambahkan, Kujipang saat ini tak hanya diminati warga Indramayu dan oleh-oleh wisatawan. Namun juga sudah merambah pasar luar daerah.

Tusriah kerap menerima pesanan oleh-oleh khas Indramayu ini dari kota lain seperti Jakarta, Bandung, Tangerang, Lombok hingga Papua. "Jadi sekarang untuk menikmati Kujipang tidak perlu menunggu lebaran, bisa setiap saat," ujar Tusriah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES