Pendidikan

UM Jember Bersinergi dengan Pemda Bondowoso Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Minggu, 26 September 2021 - 19:44 | 58.44k
Penandatanganan MoU antara UM Jember dan Pemda Bondowoso yang diharapkan bisa mewujudkan program Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Foto: Siti Nur Faizah)
Penandatanganan MoU antara UM Jember dan Pemda Bondowoso yang diharapkan bisa mewujudkan program Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Foto: Siti Nur Faizah)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) menggelar wisuda ke-45 secara luring yang dibagi dalam dua gelombang, pada Sabtu dan Minggu (25-26/9/2021). 

Wisuda kali ini meluluskan 292 dari total 584 wisudawan yang meliputi Sarjana (S1), Magister (S2), dan Ahli Madya (D3). 

Dr. Hanafi, M. Pd, Rektor UM Jember mengucapkan selamat atas studi yang telah diselesaikan oleh para wisudawan dan atas kepercayaannya memilih UM Jember. 

"Ilmu yang didapat dari UM Jember ini bervariasi, kami berharap implementasi dari ilmu itu di masyarakat bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," tuturnya. 

Guna mendukung MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang telah diterapkan UM Jember, lanjut Rektor, selain dengan Pemkab Jember pihaknya juga menjalin kerja sama dengan Pemkab Bondowoso.

Bupati Bondowoso, Salwa Arifin menyampaikan kepercayaannya atas UM Jember yang bisa melahirkan para sarjana sebagai insan cendikiawan yang berkualitas. 

"Mudah-mudahan ilmu yang didapat selama kuliah dikampus ini manfaat barokah," ujarnya. 

Melalui MoU yang dilakukan Pemda Bondowoso dengan UM Jember yang mengacu pada UU No. 23 tahun 2014 tentang kerja sama Pemda dan pihak lain, bersama-sama saling mendukung untuk kemajuan bangsa. 

"Potensi-potensi yang ada di Kabupaten Bondowoso perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, tidak terkecuali dari sektor akademik, seperti dari UM Jember," papar Arifin saat menyampaikan sambutan di acara wisuda UM Jember. 

Pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin dengan UM Jember.

Diharapkan ke depannya kerja sama yang terjalin ini bisa menjangkau bidang pendidikan seperti, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia. 

"Memberdayakan masyarakat islam berbasis desa wisata, digital, pembinaan UMKM yang menghasilkan produk unggulan," terangnya. 

Dan lebih lanjut, menjadi mitra strategis Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kegiatan lain. 

"Kegiatan MBKM (merdeka belajar kampus merdeka) seperti magang dan simulasi mengajar bisa menggunakan mitra UMKM dan sekolah-sekolah yang ada di Bondowoso," pungkas Arifin. 

Kerjasama yang dijalin UM Jember dengan beberapa Pemda diharapkan bisa mendukung secara penuh program Tri Dharma perguruan tinggi dan pengembangan SDM untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES