Politik

Siapakah Kandidat Calon Ketua PPP Kendal? Ini Kata Ketua DPW PPP Jateng

Minggu, 26 September 2021 - 14:53 | 74.36k
Pengurus DPC PPP Kendal, saat mengelar musyawarah cabang ke VIII PPP Kendal, di Tirto Arum Kendal, Minggu 26/9/2021 (Foto: Zamroni/ TIMES Indonesia)
Pengurus DPC PPP Kendal, saat mengelar musyawarah cabang ke VIII PPP Kendal, di Tirto Arum Kendal, Minggu 26/9/2021 (Foto: Zamroni/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KENDAL – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah bentuk tim formatur dalam menentukan ketua dan pengurus PPP Kendal periode 2021-2026.

Tim formatur itu dibentuk oleh DPC PPP Kendal, saat acara musyawarah cabang ke VIII PPP Kendal yang dilaksanakan di Tirto Arum Kendal, Minggu (26/9/2021).

Ketua terpilih tim formatur, Abdul Syukur mengatakan, sesuai Anggaran Dasar Rumah Tangga ( AD/ART ) PPP, termasuk peraturan dalam Kabag Organisasi nomer satu Tahun 2021, bahwa tim formatur punya waktu 20 hari bekerja untuk menyusun kepengurusan.

"Jadi kita tidak langsung menyusun kepengurusan partai, namun masih harus menunggu hasil rapat dari tim formatur. Tim formatur nanti akan rapat terlebih dahulu minta pertimbangan dari semua anggota tim formatur untuk menyusun kepengurusan partai," ungkapnya.

DPC-PPP-Kendal-aa.jpg

Ia mengaku, selaku ketua tim formatur yang ditugaskan oleh DPW Jateng, dirinya mendapat amanah untuk bekerja dan merangkul semua pihak yang memiliki basis-basis dukungan di tengah masyarakat agar dalam menyusun kepengurusan nanti bisa lebih baik lagi.

"Termasuk meminta dukungan dari pendiri partai, karena partai PPP ini didirikan oleh tokoh-tokoh NU dan Muhammadiyah. Oleh karena itu kita akan meminta restu kepada pendiri partai untuk meminta restu dalam menyusun kepengurusan ini," tandasnya.

Wakil ketua DPW PPP Jateng yang terpilih menjadi ketua tim formatur tersebut menegaskan, tim formatur yang dibentuk saat ini terdiri dari tujuh orang, satu dari DPP,  satu dari DPW Jateng, satu dari pengurus harian DPC Kendal, empat orang lagi dari pengurus Harian anak cabang tingkat kecamatan.

"Jadi tujuh orang itu yang nanti akan menyusun kepengurusan kedepan, namun tim formatur akan menggelar rapat terlebih dahulu dalam menentukan kepengurusan baru. Ada kriteria tertentu dalam menentukan ketua dan sekretaris, diantaranya syarat menjadi ketua atau sekretaris harus pernah menjabat sebagai pengurus selama satu periode, baik di tingkat Provinsi, daerah, cabang mupun tingkat Kecamatan," tegasnya.

Ia menambahkan, selain itu ada 25 komposisi yang nantinya akan menjadi acuan dalam menyusun kepengurusan itu, diantaranya yang jadi acuan antara lain, mengambil dari generasi milenial, tokoh agama dan Ormas.

"Saya berharap penyusunan struktur kepengurusan ini bisa berjalan dengan baik, dan disusun sebaik mungkin. Karena susunan kepengurusan itu merupakan simbol-simbol dari kekuatan partai itu sendiri,” imbuhnya.

Semua partai politik tentu akan melakukan kompetisi dengan partai lain. Sehingga struktur kepengurusan itu harus mencerminkan perwakilan dari wilayah atas atau dari akar bawah," lanjutnya.

Sementara itu, ketua DPW Jateng, Masrukhan, saat mengikuti acara musyawarah cabang ke VIII PPP Kendal, mengatakan, tim formatur yang baru saja dibentuk itu, nantinya yang akan menentukan calon ketua dan yang akan memilih ketua PPP Kendal.

"Tim formatur yang dibentuk hari ini akan bekerja atau bermusyawar selama 20 hari kedepan untuk menentukan atau menyusun kepengurusan periode 2021-2026," katanya.

Ia melanjutkan, sampai hari ini PPP Kendal masih punya akses bagus di semua partai, baik partai pendukung pemerintah saat ini maupun partai oposisi.

"Dengan modal itu keelokan kami berkomunikasi dengan partai lain saya pastikan berjalan dengan baik dan pasti kami nanti akan punya mitra koalisi dalam pilkada mendatang," lanjutnya.

Tim formatur itu nantinya akan bekerja menyusun semua pengurus secara keseluruhan, dari mulai ketua, sekretaris dan pengurus lainnya. "Dalam kepengurusan baru nanti, kita punya target 12 kursi dalam pemilu 2024," pungkas Masrukhan usai musyawarah cabang ke-VIII PPP Kendal. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES