Kesehatan

Tips Mudah Meningkatkan Tekanan Darah

Minggu, 26 September 2021 - 06:22 | 49.88k
ILUSTRASI - Memeriksa tekanan darah. (FOTO: iStockphoto)
ILUSTRASI - Memeriksa tekanan darah. (FOTO: iStockphoto)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kondisi tekanan darah rendah atau hipotensi biasanya memerlukan penanganan jika menimbulkan gejala. Hipotensi biasanya didiagnosis ketika tekanan darah mencapai 90/60 atau kurang, dan diikuti beberapa gejala yakni pusing, dehidrasi, sulit berkonsentrasi, mual, kulit dingin dan lembap, penglihatan kabur, hingga pingsan (hilang kesadaran).

Lalu bagaimana cara meningkatkan tekanan darah yang rendah? Dilansir dari Hello Sehat berikut tips yang bisa Anda lakukan agar tekanan darah rendah kembali normal.

Meningkatkan Asupan Cairan

Vairan dapat meningkatkan volume darah dan mencegah terjadinya dehidrasi, yang mana kedua hal ini sangat penting untuk penanganan hipotensi. Lebih banyak cairan akan meningkatkan volume darah, dan peningkatan jumlah darah akan meningkatkan tekanan di dalam pembuluh darah arteri.

Meningkatkan Asupan Natrium

Natrium merupakan mineral yang tersedia di dalam garam. Selain dalam garam, sayur, buah, dan minuman olahraga juga mengandung natrium yang bisa menjadi sumber asupan natrium bagi orang dengan hipotensi.

Hindari Minuman Beralkohol

Alkohol dapat memicu terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Semakin banyak cairan yang hilang dari tubuh, tekanan darah Anda juga akan semakin berkurang. 

Hindari Terlalu Lama Berdiri

Tidak berdiri terlalu lama dapat mencegah terjadinya tekanan darah menjadi semakin rendah yang dipengaruhi oleh kondisi syaraf. Ada beberapa orang yang mengalami tekanan darah rendah dengan jenis orthostatic hypotension. Pada kondisi ini, orang tersebut ketika berdiri setidaknya 3 menit dapat mengalami penurunan tekanan darah sistol sebanyak 20 mmHg dan diastol 10 mmHg dibandingkan dengan tekanan darah mereka saat duduk atau berbaring. Sehingga, orang yang memiliki tekanan darah rendah dengan kondisi ini harus mengurangi aktivitas berdiri.

Gunakan Kaos Kaki Panjang yang Ketat

Metode ini disebut dengan kompresi stocking, yakni penggunaan kaus kaki yang elastis dan ketat atau menggunakan celana yang ketat. Tujuan metode ini untuk memberikan tekanan ekstra pada kaki hingga bawah perut. Adanya penekanan dengan kaos kaki ini agar dapat memperbaiki sirkulasi dan meningkatkan tekanan darah. Namun, metode ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter karena tidak semua orang sesuai dengan metode ini.

Obat-obatan

Terdapat bebebrapa obat-obatan yang dikhususkan untuk kasus tekanan darah rendah. Jika obat-obatan diperlukan prinsip kerja obat tersebut dengan meningkatkan volume darah atau mempersempit arteri sehingga tekanan darah akan meningkat karena akan ada lebih banyak darah yang mengalir melalui ruang yang lebih kecil. Penggunaan obat-obatan ini tentunya berdasarkan resep dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES