Peristiwa Daerah

RC Batu Tebar Semangat Gemar Membaca

Sabtu, 25 September 2021 - 22:56 | 66.42k
Rotary Club Batu memberikan bantuan buku kepada tiga sekolah di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. (FOTO: RC Batu for TIMES Indonesia)
Rotary Club Batu memberikan bantuan buku kepada tiga sekolah di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. (FOTO: RC Batu for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Menebar semangat gemar membaca buku di daerah pelosok, hari ini (25/9/2021) Rotary Club atau RC Batu membagikan ratusan buku kepada siswa tiga sekolah di Desa Wiyurejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Buku ini diserahkan kepada Kepala Sekolah SDN Wiyurejo 01, PAUD Al Islah dan PAUD Qoruto Ayun lewat kegiatan Takemichyyy Basic Education and Literacy oleh pengurus RC Kota Batu.

Wajah para pendidik ini terlihat bahagia menerima bantuan yang diberikan oleh Ketua RC Kota Batu, Mieke Lestari Dewi.

"Harapan kami, kegiatan ini bisa berlanjut agar anak-anak merasakan manfaatnya dari proses pembelajaran ini, sehingga kelak merasa senang dan terbiasa membaca karena menjadi bekal dalam mengikuti pendidikan yang lebih tinggi," ujar Mieke.

Rotary-Club-Batu-2.jpg

Ia menjelaskan Rotary Club Batu merupakan organisasi Internasional yang bersifat pelayanan kepada masyarakat umum, didirikan pada tahun 1905 di Chicago oleh Paul Harris.

Saat ini tersebar di 200 negara dengan 32.000 Club. Di Indonesia telah berdiri tahun 1927 di Jogjakarta.

RC memiliki 7 area fokus penanganan yakni pencegahan dan pengobatan penyakit air, sanitasi dan kebersihan, perdamaian dan pencegahan/ penyelesaian konflik, pendidikan dasar dan Literasi, kesehatan ibu dan anak, pertumbuhan ekonomi lokal dan mendukung lingkungan

"Area fokus ke 4 tentang Literasi yaitu kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu imu pengetahuan," jelas Mieke.

Menurutnya minat baca masyarakat Indonesia masih berada di ranking 60 dari 61 negara dimana yang tertinggi adalah Finlandia.

"Standar Unesco setiap orang harus membaca tiga buku baru setiap tahun, tetapi di Indonesia setiap buku ditunggu oleh 90 orang," ujar Mieke.

Rotary-Club-Batu-3.jpg

RC hadir memberikan solusi dengan menghadirkan bacaan baru yang sesuai dengan kearifan budaya masing-masing daerah.

Selain itu anak-anak sejak dini harus dibiasakan untuk membaca buku. Di Jepang setiap anak membaca 20 buku baru setiap tahunnya.

"Hari ini kami dari Rotary Club Batu membawa buku bacaan untuk diletakkan di Perpustakaan Sekolah . Tujuan kami adalah mengajak anak-anak sekolah dasar untuk menumbuhkan minat baca, dengan cara yang menyenangkan sehingga menjadi terbiasa dengan buku dan membaca karena Buku adalah jendela dunia," ujarnya.

Bantuan buku yang diberikan RC berjumlah 205 buku bacaan dimana 50 persen terdiri dari buku baru, sisanya adalah buku bekas yang masih sangat bagus untuk disimpan dan dibaca oleh anak.

Terdiri dari buku petualangan, buku tentang Nabi dan ajarannya, tentang cerita rakyat, novel anak-anak, pengetahuan atau sains serta komik dan crayon untuk masing-masing siswa.

"Juga kami berikan kepada Paud Qurotu A’yun dan Paud Al Islah masing-masing 78 majalah wanita dan parenting untuk para ibu yang selalu menemani anak-anak bersekolah, 25 buku anak usia di bawah 5 tahun dan beberapa crayon," kata Mieke.

Romy Junardy dari Rotary Club Surabaya juga membawakan 100 buku belajar mengaji untuk anak-anak semua. Kegiatan RC Batu ini mendapat dukungan dari RC Singapore, RC Surabaja dan RC Solo Raya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES