Indonesia Positif

APBD 2022 Sebesar Rp2,046 Triliun, Pemkab Ciamis Perlu Alokasi Belanja Tak Terduga

Sabtu, 25 September 2021 - 21:00 | 103.94k
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Ciamis tahun 2022 rencananya sebesar Rp2,046 triliun. Namun, dalam APBD 2022 tersebut, Pemkab Ciamis juga perlu mengalokasikan belanja tak terduga.

"Alokasi tak terduga tersebut mencapai Rp115 miliar. Tentunya, itu membuat kondisi fiskal semakin rendah. Namun, kami yakin, semua stakeholder di Ciamis mampu mengerti kondisi tersebut," kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Sabtu (25/9/2021).

Herdiat-Sunarya-1.jpg

Maka, Bupati juga mengajak semua pihak untuk saling bahu-membahu membantu jalannya pemerintahan. Itu seperti melalui strategi kolaboratif dan inovatif.

"Mari kita gunakan sistem informasi dan digitalisasi. Itu agar biaya operasional menjadi berkurang. Contohnya, diterapkan ketika pembayaran pajak," jelasnya.

Kendati pembayaran tersebut dengan sistem digital, itu tetap berkualitas dan dan terjamin. Sehingga, akuntabilitas, transparansi dan partisipatif bisa terwujud di sektor perekonomian Ciamis.

Rupanya, dari rencana APBD 2022 yang sebesar Rp2,046 triliun tersebut, terdiri dari PAD sebesar Rp231,22 miliar. Serta, pendapatan transfer sebesar Rp1,815 triliun.

Kemudian, itu juga ada untuk belanja operasional sebesar Rp1,760 triliun yang di dalamnya juga ada asumsi belanja pegawai. Itu juga terkait perlunya merekrut pegawai sesuai dari formasi Kemenpan RB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES