Indonesia Positif

Tingkatkan Kompetensi, Komunitas Wartawan Gresik Gelar UKW

Sabtu, 25 September 2021 - 20:56 | 41.65k
Ketua KWG M Syuhud Al-Mafaluty saat memberikan sambutan pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Ketua KWG M Syuhud Al-Mafaluty saat memberikan sambutan pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Untuk pertama kalinya, Komunitas Wartawan Gresik menggelar uji kompetensi wartawan (UKW). Sebanyak 27 orang mengikuti kegiatan tersebut. 

Dalam pelaksanaannya, organisasi yang menaungi insan pers di Kota Pudak ini menggandeng Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) serta didukung penuh PT Smelting.

Ketua KWG, M Syuhud Almanfaluty mengatakan dari 27 peserta ada 2 yang mengikuti level Utama, 3 Madya, dan 22 lainnya level Muda.

Syuhud-Al-Mafaluty-2.jpg

"Untuk tim penguji, kami menggandeng LUKW (Lembaga Uji Kompetensi Wartawan) Prgram Studi Ilmu Komunikasi FISIP Univesitas Muhammadiyah Jakarta," katanya, Sabtu (25/9/2021).

Syuhud menjelaskan, UKW merupakan upaya organisasi untuk meningkatkan kompetensi bagi anggotanya. Mengingat tugas utama wartawan tidak hanya menyampaikan infomasi, tapi juga mengedukasi publik sehingga diperlukan kompetensi khusus.

"Kalau sekedar share informasi, netizen sudah bisa melakukannya melalui media sosial, tidak bisa dipastikan kebenarannya. Tapi bagi seorang jurnalis harus mampu menginformasikan kebenaran dan berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ)," tandasnya.

Syuhud menambahkan, kompetensi bagi wartawan semakin penting karena kemajuan teknologi saat semakinnn pesat. Jika seorang jurnalis tidak mampu menjadikan tantangan ini sebagai peluang, maka mereka akan tertinggal.

Sedangkan, Section Manager General Affairs PT Smelting, Indra Setya Wibowo Junor mengapresiasi kerjasama yang terjalin dengan KWG. Ia pun berharap kolaorasi ini bisa ditingkatkan.

"Saya berbangga bisa membantu teman-teman jurnalis untuk meningkatkan kompetensi. Saya beharap ada hubungan lebih dekat antara perusahaan dengan wartawan," ucapnya mengenai keberhasilan Komunitas Wartawan Gresik yang menggelar UKW. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES