Peristiwa Daerah Indonesia Herd Immunity

Diawali DMI Gresik, Vaksinasi Covid-19 di Masjid Sasar Tiga Ribu Jemaah

Sabtu, 25 September 2021 - 20:35 | 56.45k
Vaksinasi di Masjid Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).
Vaksinasi di Masjid Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, GREESIK – Membantu pemerintah mencapai Indonesia Herd Immunity, Dewan Masjid Indonesia (DMI Gresik) menggelar vaksinasi Covid-19 kepada jemaah. Kegiatan ini diklaim pertama kali dilingkup DMI se-Indonesia.

Sebanyak tiga ribu dosis vaksin disebar ditiga titik menyebar dari wilayah selatan hingga utara. Yakni di Masjid Kanjeng Sepuh Sidayu, Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik dan Masjid Nurul Jannah Kedamean. 

Ketua PW DMI Jatim, KH Muhammad Roziqi menyempatkan meninjau vaksinasi di Masjid Kanjeng Sepuh. Dia pun menyapa takmir masjid, jemaah serta masyarakat yang mengikuti vaksinasi kali ini.

"Tentu kami apresiasi kegiatan yang digelar oleh DMI Gresik dengan bekerjasama dengan berbagai pihak salah satunya SKK Migas, mitra kerja DMI Pusat," katanya, Sabtu (25/9/2021) siang.

Vaksinasi-di-Masjid-Kanjeng-Sepuh-Sidayu-Gresik-2.jpg

Dalam pelaksanaan, tetap menerapkan protokol kesehatan ketat seperti memakai masker mencuci tangan dan menjaga jarak. Peserta diatur dan dijadwal agar tak terjadi penumpukan di lokasi vaksin. 

Sementara itu, Ketua DMI Gresik Zainal Abidin mengungkapkan gerakan masjid sebagai pusat vaksinasi Covid-19 diwujudkan. Hal ini upaya membantu pemerintah dalam menangani pandemi.

"Ini bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam rangka menanggulangi virus corona yang masih belum reda," ujarnya.

Zainal mengungkapkan vaksinasi ini merupakan intruksi Pimpinan Pusat DMI bersama Kementrian Kesehatan RI sebagai program nasional. 

Dia juga berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah menurunkan tenaga kesehatan baik dari dinas kesehatan untuk membantu vaksinasi kali ini. 

"Kami juga berterima kasih kepada Pak Bupati Gresik atas terselenggaranya vaksinasi kali ini. Atas sinerginya," terangnya.

Langkah ini, tambah Zainal merupakan salah satu fungsi memakmurkan masjid. Harus diketahui bersama selain untuk tempat ibadah, masjid juga harus menjadi pusat kesehatan, sosial dan ekonomi.

"Sehingga paradigmanya, masjid tak hanya jadi tempat ibadah tapi bisa jadi tempat cari ilmu, berkegiatan sosial dan kesehatan serta ekonomi masyarakat," kata Ketua DMI Gresik usai menggelar vaksinasi Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES