Pendidikan

Tagana Ciamis Salurkan Ilmu Penanggulangan Bencana untuk Pelajar SD dan SMP

Sabtu, 25 September 2021 - 18:56 | 21.47k
Pemberian ilmu penanggulangan bencana untuk pelajar SMP dari Tagana Ciamis (foto: Tagana Ciamis)
Pemberian ilmu penanggulangan bencana untuk pelajar SMP dari Tagana Ciamis (foto: Tagana Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Taruna Siaga Bencana (Tagana Ciamis) menyalurkan ilmunya kepada sejumlah pelajar SD dan SMP di Ciamis, Jawa Barat mengenai penanggulangan bencana alam.

Ilmu tersebut diberikan dengan cara memberikan teori kebencanaan. Serta, praktik langsung di lapangan atau simulasi kebencanaan selama dua jam.

"Jadi, kami jelaskan cara menanggulangi pra, ketika dan pasca bencana. Kami terangkan juga juga risiko dan dampaknya," kata Ketua Tagana Ciamis, Ade Waluya, Sabtu (25/9/2021).

Tagana Ciamis 2Simulasi penanggulangan bencana untuk pelajar SD (foto: Tagana Ciamis)

Tagana Ciamis juga menerangkan bencana alam yang sering terjadi di area sekitar sekolah para pelajar tersebut serta sekitar tempat tinggalnya. Kebanyakan, bencana alam tersebut, yaitu longsor dan gempa bumi.

"Maka, saat ada bencana, minimal mereka tahu cara aman untuk berlindung. Jadi, pengetahuan dan simulasi ini perlu dan penting sekali untuk mereka," ungkapnya.

Bahkan, siswa yang aktif juga mendapatkan reward (hadiah) dari Tagana Ciamis. Mereka mendapatkan masker dan rambu-rambu evakuasi.

Tagana Ciamis 3Tagana Ciamis berikan ilmu penanganan bencana alam untuk pelajar (foto: Tagana Ciamis)

"Semoga ilmu ini bermanfaat bagi mereka masing-masing. Atau mereka juga bahkan bisa menularkan ilmu ini untuk orang lain," harapnya usai tim Tagana Ciamis memberi pelajaran penanggulangan bencana kepada para pelajar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES