Peristiwa Nasional

[CEK FAKTA] Ketahui Kendaraan Dibeli Cash atau Kredit dari Plat Nomor

Sabtu, 25 September 2021 - 17:36 | 1.02m
Video hoaks mengenai cara mengetahui kendaraan yang dibeli secara tunai atau kredit dari plat nomornya.
Video hoaks mengenai cara mengetahui kendaraan yang dibeli secara tunai atau kredit dari plat nomornya.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video TikTok yang di dalamnya memuat informasi mengenai kendaraan yang dibeli secara tunai/cash atau kredit bisa diketahui dari plat nomornya. 

Video tersebut diunggah akun Tiktok @y_dhayu. Dalam video berdurasi 19 detik itu menerangkan kalau mobil atau motor yang dibeli secara cash angka depan nopolna 4 dan 6. Sedangkan mobil atau sepeda motor yang dibeli secara kredit angka depannya 1,2,3,5,7,8 dan 9.

Dalam videonya dia menyebut dan menunjukkan motor vario yang dibelinya secara cash, memiliki nopol dengan angka 6 di depan (BE 6034 DB). Dia juga menyebut dan menunjukkan motor NMax yang dibelinya secara kresdit memiliki nopol dengan angka 2 di depan (BE 2375 EB).

Berikut narasi yang disematkan pada unggahan akun @y_dhayu:

btw gue baru tau cek motor kalian bener enggak hee , tetap bersyukur ya walaupun kredit, yg penting hasil sendiri  

cek fakta plat nomor kendaraan tunai dan kreditSumber: TikTok (https://www.tiktok.com/@y_dhayu/video/7007830419852889370)

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai kendaraan yang dibeli secara tunai/cash atau kredit bisa diketahui dari plat nomor, tidak benar.

Kami menelusuri kebenaran informasi tersebut melalui mesin pencari. Kami menemukan pernyataan dari pihak kepolisian. Mengutip kompas.com, Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Komisaris Besar M Taslim Chairuddin mengatakan, informasi yang menyebut penomoran pada pelat kendaraan bermotor menandakan pembelian secara kredit dan cash adalah informasi yang tidak benar.

Taslim mengatakan, penomoran pada pelat nomor kendaraan dilakukan secara sistematis. Penomoran akan urut secara otomatis. Pemberian pelayanan regident kendaraan bermotor bertujuan untuk melindungi masyarakat atas kepemilikan ranmor.

“Pemberian pelat nomor adalah untuk memudahkan pengidentifikasian di lapangan sehingga pemberian nomor urut begitu saja,” kata Taslim.

Ia menyebutkan, selama ini juga ada yang meminta nomor pelat sesuai keinginan.

Untuk pembuatan nomor pelat kendaraan bermotor berdasarkan nomor pilihan atau yang dikenal dengan "nomor cantik", maka akan dikenakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

cek fakta plat nomor kendaraan tunai dan kredit 2Sumber: Benarkah Ada Kode Pelat Nomor Kendaraan yang Dibeli "Cash" dan Kredit | Kompas

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai kendaraan yang dibeli secara tunai/cash atau kredit bisa diketahui dari plat nomor, salah. Pihak Polri menjelaskan, penomoran pada pelat nomor kendaraan dilakukan secara sistematis. Penomoran akan urut secara otomatis. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES