Politik

Diskusi P3S, Prabowo Masih Tak Terkalahkan Jika Maju di Pilpres 2024

Jumat, 24 September 2021 - 23:51 | 22.16k
Direktur Eksekutif Political and Policy Public Studies (P3S) Jerry Massie. (FOTO: mcwnews)
Direktur Eksekutif Political and Policy Public Studies (P3S) Jerry Massie. (FOTO: mcwnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) Prabowo Subianto disebut masih memiliki peluang yang untuk terpilih jika maju di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Dewan Pakar Asosiasi Pembicara Profesional Indonesia Emrus Sihombing dalam diskusi virtual bertajuk 'Menakar Peluang Prabowo di Pilpres 2024" yang digelar Political and Public Policy Studies (P3S), Jumat (24/9/2021).

"Prabowo mempunyai kemampuan yang luar biasa. Sudut popularitas, elektabilitasnya berada di kelompok papan atas," ujar Emrus dalam diskusi yang diikuti TIMES Indonesia tersebut.

Selain popularitas dan elektabilitas, Prabowo kata Emrus juga mempunyai kapabilitas yang sangat bagus untuk menjadi seorang presiden. "Dia seorang jenderal, seorang pemimpin yang berhasil memimpin Partai Gerindra," imbuh Emrus.

Menurutnya, matan Danjen Kopassus itu tergolong tokoh yang rendah hati. Hal ini merujuk pada Pilpres yang lalu, Prabowo pernah bersedia menjadi Cawapres pada 2009. Kemudian pada Pilpres 2014 dan 2019, maju sebagai Capres. 

"Prabowo termasuk orang yang rendah hati, tidak antikritik, dan suka membantu orang. Sebagai Ketua Partai, Prabowo memiliki modal politik jadi Capres," demikian ulas Emrus.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Political and Policy Public Studies (P3S) Jerry Massie menyebut Prabowo Subianto adalah sosok petarung yang sudah memiliki pengalaman 3 kali bertarung di Pilpres. Dia sempat berpàsangan dengan Megawati Soekarnoputri, Hatta Radjasa, hingga Sandiaga Uno

"Ada 6 sisi penentuan seorang kandidat maju di pilpres. Yaitu mulai dari factor man, method, material, money, machine and manage (6 M). Masalah usia Prabowo masih ideal. Joe Biden (Presiden Amerika Serikat, Red) saja umur 78 tahun. Sementara Mahathir Muhamad berusia 80-an," terang Jerry.

Dia berpandangan tidak menutup kemungkinan Prabowo bisa memotong kesempatan para kandidat beken lain seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan maupun Ridwan Kamil. Modal Prabowo berulang kali maju Pilpres tersebut dan posisi Gerindra di parlemen saat ini, menurut Jerry, sangat patut diperhitungkan.

"Bicara empiris atau pengalaman maka Prabowo lebih unggul dari kandidat lain (maju di Pilpres 2024)," demikian jelas Jerry, Direktur Eksekutif P3S menyinggung basis suara Prabowo Subianto selama ini dan latar belakang militernya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES