Peristiwa Daerah

Jadi Daya Tarik 4 Kecamatan, Majelis Taklim Aswaja Center Bangun Kanzul Ilmi Center 2 di Brebes

Jumat, 24 September 2021 - 21:13 | 71.57k
Wakil Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Wilayah Jawa Tengah Dr KH Ahmad Najib Afandi MA atau dikenal dengan sapaan Gus Najib,
Wakil Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Wilayah Jawa Tengah Dr KH Ahmad Najib Afandi MA atau dikenal dengan sapaan Gus Najib,

TIMESINDONESIA, BREBESMajelis Taklim Aswaja Center kembali membangun Kanzul Ilmi Center (KIC) 2 di Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, Brebes.

Pembangunan KIC 2 dimulai sejak 19 September 2021 lalu ditandai dengan doa bersama dan peletakan batu pertama. Pembangunan KIC 2 merupakan pengembangan KIC yang sudah berdiri sejak 2018 di Jalan Raya Dukuhturi, Bumiayu, Brebes.

Pendiri KIC sekaligus Wakil Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) wilayah Jawa Tengah, Dr KH Ahmad Najib Afandi MA atau dikenal dengan sapaan Gus Najib menjelaskan KIC menjadi daya tarik masyarakat dari empat kecamatan di wilayah Brebes selatan yakni Kecamatan Bumiayu, Tonjong, Sirampog dan Paguyangan. 

Menurutnya, pembangunan KIC 1 dan 2 sebagai bukti takdzimnya kepada sang guru yaitu masayikh Lirboyo yang telah memerintahkan agar membangun pesantren secara mandiri sebab kemauannya yang kuat dalam berdakwah di kalangan masyarakat kampung, desa-desa bukan di kampus atau kota besar.

Banyak orang pintar dan alim tidak mau berdakwah di kampung hanya karena tidak ada fasilitas mewah dan tidak terkenal. Padahal, justru lebih nyaman dan lebih berhasil mengajar masyarakat bawah daripada mendidik mahasiswa di kampus. Karena itulah, dia selalu menolak tawaran mengajar di kampus luar kota meskipun lulusan S3 luar negeri, Maroko.

Dan yang paling penting alasan Gus Najib berdakwah di kampung adalah banyaknya pengajian dan majelis ilmu di desa-desa yang hanya mengajarkan fadilah-fadilah atau keutaman ibadah dan aurad. Belum menyentuh persoalan fiqh, yang justru menjadi bahan kajian khas pengajain di kanzul ilmi.

Camat Bumiayu Eko Purwanto menyampaikan pengembangan KIC 2 sangat membanggakan pasalnya selain berfungsi dakwah di Brebes wilayah selatan. Juga mampu membantu program pemerintah seperti penanggulangan kenakalan remaja seperti pornografi, narkoba dan HIV/Aids dan lain-lain.

Lebih lanjut dengan melebarkan sayapnya, KIC akan mampu berdakwah yang santun dan damai dengan audiens yang lebih banyak lagi. Dia berdoa semoga akan lahir KIC 3, 4, 5 dan seterusnya.

Ketua panitia pembangunan, Drs Najib Sulaiman menjelaskan pembangunan KIC 2 ditopang warga masyarakat setempat secara kompak dengan budaya gotong-royong. Mulai dari, komsumsi, sarana prasarana dan lain-lain ditanggung masyarakat sekitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES