Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] WHO Keluarkan Kriteria Baru Kelompok Usia, 65 Tahun Termasuk Pemuda

Sabtu, 25 September 2021 - 09:22 | 220.76k
Sebuah narasi yang mengklaim bahwa WHO telah mengeluarkan kriteria baru kelompok usia.
Sebuah narasi yang mengklaim bahwa WHO telah mengeluarkan kriteria baru kelompok usia.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan kriteria baru kelompok usia. Dalam narasi disebutkan bahwa rentang usia 18-65 tahun termasuk kelompok pemuda.

Informasi tersebut dibagikan oleh akun Facebook: Opa Ockie pada 19 September 2021.

Berikut narasi lengkapnya:
WHO Mengeluarkan Kriteria Baru Kelompok Usia

Organisasi Kesehatan Dunia WHO yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss melalui studi tentang kualitas kesehatan dan harapan hidup rata-rata manusia di seluruh dunia menetapkan kriteria baru yang membagi kehidupan manusia ke dalam 5 kelompok usia sebagai berikut :

0 – 17 tahun : Anak-anak di bawah umur
18 – 65 tahun : Pemuda
66 – 79 tahun : Setengah baya
80 – 99 tahun : Orang tua
100 tahun ke atas : Orang tua berusia panjang

Jadi, geserkan pikiran Anda jangan lagi menggolongkan seseorang yang berusia 70 tahun ke dalam golongan  orang tua, karena standar baru dunia tersebut.

Ingat ! 65 tahun saja masih masuk golongan pemuda.

cek fakta Kriteria Kelompok Usia WHO 5Sumber: https://web.facebook.com/opa.ockie.7/posts/601168967547616

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan kriteria baru kelompok usia, di mana 65 tahun termasuk pemuda, tidak benar.

Dilansir dari laman resmi WHO dengan judul “Adolescent health in the South-East Asia Region”, disebutkan bahwa definisi remaja adalah individu dalam kelompok usia 10-19 tahun dan pemuda mencakup usia antara 10-24 tahun. 

cek fakta Kriteria Kelompok Usia WHOSumber: Adolescent health | WHO

Sebagai tambahan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga mendefinisikan pemuda sebagai orang yang berusia antara 15 dan 24 tahun.

cek fakta Kriteria Kelompok Usia WHO 2cek fakta Kriteria Kelompok Usia WHO 3Sumber: Microsoft Word - YOUTH_Definition_2013-1-23.pdf dan By youth, with youth, for youth | UNESCO

Pemeriksaan atas klaim serupa juga dilakukan kompas.com.

cek fakta Kriteria Kelompok Usia WHO 4Sumber: [HOAKS] Kategori Usia Terbaru dari WHO, Pemuda Berusia 18-65 Tahun | Kompas

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan kriteria baru kelompok usia, di mana 65 tahun termasuk pemuda, salah.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut masuk dalam kategori Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES