Peristiwa Daerah

LKNU Bondowoso Gelar Donor Darah, Terkumpul 65 Kantong

Jumat, 24 September 2021 - 16:51 | 40.37k
Kegiatan donor darah yang diselenggarakan LKNU Bondowoso di Graha NU Jalan MT Haryono (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Kegiatan donor darah yang diselenggarakan LKNU Bondowoso di Graha NU Jalan MT Haryono (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam rangka memenuhi kebutuhan stok darah di UTD (Unit Transfusi Darah). Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama Kabupaten Bondowoso (LKNU Bondowoso) dan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah, di Graha NU Jalan MT Haryono, Jumat (24/9/2021).

Ketua LKNU Bondowoso, Dr. Habib Muzakki mengatakan, kegiatan donor darah digelar setiap tiga bulan sekali. "Kan di LKNU itu ada seksi pelayanan masyarakat. Salah satu kegiatannya donor darah," paparnya.

Di bawah kepemimpinannya, kegiatan donor darah ini masih perdana. "Insyaallah tiga bulan ada lagi," imbuhnya.

Menurutnya, dalam kegiatan ini total ada 95 pendonor yang ikut berpartisipasi. Pihaknya juga dibantu Kodim 0822 Bondowoso yang kebetulan juga menggelar kegiatan bakti sosial. "Maka pendonornya ada dari TNI-Polri, warga nahdliyyin atau warga NU juga banyak," paparnya.

Kegiatan-donor-darah-yang-diselenggarakan-LKNU-Bondowoso-2.jpg

Meskipun di tengah pandemi Covid-19, para pendonor tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin atau hasil swab PCR. Menurutnya, skrining hanya memastikan tekanan darah dan Hb (hemoglobin). "Tensi maksimal 150 per 100, Hb-nya harus normal," imbuhnya.

Pihaknya memastikan bahwa selama pelaksanaan donor darah tersebut tetap menggunakan protokol kesehatan Covid-19. "Tetap mengacu pada prokes," imbuhnya.

Sementara Plt Ketua PMI Bondowoso, Mochammad Taufiq mengatakan, dari kegiatan tersebut total ada 65 kantong darah yang terkumpul. "Ada 95 pendonor," katanya.

Menurutnya, PMI masih bisa memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Bondowoso.  "PMI tidak kekurangan. Karena kegiatan NU dan sejumlah mitra rutin melakukan donor darah. Saya harap ada tambahan mitra baru," harapnya.

Sementara PMI sendiri sudah ada jadwal donor darah tersendiri yang sudah terencana.  Adapun untuk permintaan darah dari rumah sakit, lanjut dia, masih standar. Permintaan itu pun bisa dipenuhi dengan baik.

"Permintaan semua golongan darah relatif sama. Tidak ada permintaan golongan tertentu tinggi sekali. Relatif sama," paparnya.

Sementara data kantong darah di UTD PMI Bondowoso per 23 September, untuk golongan A sebanyak 42 kantong, golongan B 45 kantong, golongan O 52 kantong dan AB lima kantong. Saat ini PMI terus gencar melakukan kegiatan donor darah, termasuk bekerja sama dengan LKNU Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES