Peristiwa Daerah Indonesia Herd Immunity

Kendala Akses Lokasi, Presentase Vaksinasi Lansia Cukup Rendah

Jumat, 24 September 2021 - 16:40 | 22.76k
Vaksinasi lansia yang dilakukan di Surabaya (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)
Vaksinasi lansia yang dilakukan di Surabaya (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Data Kementerian Kesehatan per 23 September 2021 mengungkap, capaian vaksinasi Covid-19 lansia dosis pertama masih di bawah 50 persen. Rendahnya vaksinasi lansia, salah satunya diamati di wilayah aglomerasi Jawa-Bali.

Kendala akses menuju lokasi vaksinasi Covid-19 rupanya kerap dialami lansia. Di sisi lain, program vaksinasi Covid-19 harus dipercepat bagi kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil, dan difabel.

“Vaksin dosis pertama lansia masih 26 persen, dosis kedua 18 persen. Padahal, untuk mortalitas (kematian), lebih dari setengahnya adalah lansia, kasus aktif juga sebagian besar adalah lansia,” tutur Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander Ginting," pada Selasa, (21/9/2021).

Vaksinasi-lansia-yang-dilakukan-di-Surabaya-2.jpg

Alex mengungkapkan, kendala yang sering dialami oleh lansia saat ingin melakukan vaksinasi adalah tidak dapat menuju ke lokasi vaksinasi.

Menurut Alex, kendala serupa juga menjadi penghalang kelompok difabel yang mempunyai keterbatasan motorik dan sensorik. Oleh karena itu, ia meminta seluruh sentra vaksinasi Covid-19 dapat memberikan kemudahan akses kepada kelompok lansia, difabel, dan kelompok rentan lainnya.

"Bagi masyarakat sekitar, terutama keluarga dari kelompok rentan juga diharapkan dapat berperan aktif dalam membantu percepatan vaksinasi bagi mereka," lanjutnya.

Hal senada diungkapkan oleh Pelaksanaan Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, vaksinasi lansia secara nasional masih dibawah 50 persen dosis pertama.

"Ini yang perlu diupayakan, karena memang lansia ini potensi risikonya case fatality (tingkat kematian) tinggi kalau kena Covid-19. Jadi, selain kejar vaksinasi di wilayah aglomerasi, (vaksinasi) lansia juga kita harus perhatikan," ungkap Maxi Rein.

Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama juga menyasar di wilayah aglomerasi Jawa-Bali dapat tercapai 70 persen. Target tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES