Kesehatan

Selain Berjemur, Lakukan Hal Ini Agar Tubuh Terhindar dari Virus Covid-19

Sabtu, 25 September 2021 - 05:34 | 51.01k
Perlunya olahraga agar tubuh semakin bugar (FOTO: Shutterstock)
Perlunya olahraga agar tubuh semakin bugar (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPandemi Covid-19 belum juga usai, bagaimanapun kita didorong untuk selalu menambah imun dan menjaga kesehatan agar tidak terpapar Covid-19.

Berbagai varian Covid-19 menyerang kekebalan tubuh, maka dari itu kita wajib membuat tubuh kita bugar dan semakin semangat melakukan aktivitas setiap harinya.

Ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan agar terhindar dari virus Covid-19.

1. Banyak mengonsumsi sayur dan buah

Buah-dan-Sayur.jpgFoto: Freepik/kjpargeter

Mengonsumsi makanan nabati seperti sayur dan buah dapat membantu menjaga imunitas tubuh berfungsi dengan baik.

Alasannya, karena sayur dan buah memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, yang bisa membantu imunitas dan organ-organ tubuh berfungsi dengan baik. Selain itu, buah dan sayur berwarna cerah menandakan tingginya kandungan antioksidan di dalamnya, dimana antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel imun tubuh.

2. Tidur yang cukup dan berkualitas

Pada dasarnya, tubuh dapat melakukan penyembuhan dan regenerasi ketika tidur. Itulah sebabnya tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk mendongkrak imunitas tubuh. Jika kamu tidak cukup tidur, imunitas tubuh akan terganggu dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

3. Rutin Berolahraga

Menurut ulasan yang dimuat di Frontiers in Immunology, olahraga yang dilakukan secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit kronis (seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung), serta infeksi akibat virus dan bakteri. Jadi, pastikan untuk menyempatkan diri berolahraga setiap harinya, jika ingin imunitas tubuh tetap terjaga.

4. Minum suplemen vitamin

Vitamins.jpgFoto: alodokter

Pada beberapa kondisi, asupan vitamin dari makanan saja belum bisa mencukupi kebutuhan harian tubuh. Salah satu vitamin yang tidak boleh sampai kurang asupannya adalah vitamin C. Menurut ulasan yang diterbitkan di jurnal Nutrients, kekurangan vitamin C dapat menurunkan imunitas tubuh hingga rentan terkena infeksi penyakit.

5. Hindari rokok dan alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dapat membuat fungsi imunitas tubuh terganggu. Tak hanya itu, perokok aktif juga memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis, dan pneumonia. Jika gemar mengonsumsi alkohol juga, risiko untuk terkena infeksi paru termasuk terpapar Covid-19 akan semakin besar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES