Pemerintahan

Kantor Pertanahan Kota Batu Bantu Percepat Pemulihan Ekonomi

Jumat, 24 September 2021 - 15:48 | 91.40k
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi menyematkan penghargaan Satya Lencana dan memberikan sertifikat PTSL kepada perwakilan warga Desa Giripurno. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi menyematkan penghargaan Satya Lencana dan memberikan sertifikat PTSL kepada perwakilan warga Desa Giripurno. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Kantor Pertanahan Kota Batu berkomitmen membantu percepatan pemulihan perekonomian melalui pelayanan tata ruang dan pertanahan yang professional.

Salah satu bentuk percepatannya, menurut Kepala Kantor Pertanahan Kota Batu, Ir R Haris Suharto MM adalah dengan memberikan pelayanan terbaik, tepat waktu melalui beragam inovasi program pelayanan tata ruang dan pertanahan.

Hal itu ia utarakan usai Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional ke-61 yang dilaksanakan di kantor Pertanahan Kota Batu

Karena itu, Haris mengimbau kepada masyarakat yang memiliki bidang tanah untuk segera dilegalkan haknya dengan mengurus sertifikat tanah, sehingga tanahnya memiliki kepastian hukum. Bukan hanya itu, saat ini Kantor Pertanahan Kota Batu juga menyelesaikan sertifikat aset tanah milik Pemkot Batu.

Dewanti-Rumpoko-3.jpg

"Hari ini kita serahkan sertifikat PTSL yang kita targetkan sebanyak 13500 dan sudah terselesaikan 10.500. Tadi sudah perwakilan per desa yang menerima, Insya Allah dalam waktu dekat sudah terselesaikan semuanya. Semua ini untuk peningkatan ekonomi nasional, permodalan bisa masuk dengan adanya sertifikat," ujar Haris.

Lebih lanjut Haris menjelaskan bahwa tahun lalu tercatat ada 8000 sertifikat tanah diterbitkan lewat program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) sementara lewat program rutin sertifikat tanah tercatat ada 2500 sertifikat lewat program regular.

"Tahun ini untuk PTSL sebanyak 10.500 dan dari program sertifikat regular yang sudah kita terbitkan sebesar 1800 sertifikat. Memang ada penurunan, karena ada pandemic, masyarakat terkendala mobilitas," ujar Haris.

Agar masyarakat tetap mendapatkan pelayanan Kantor Pertahanan secara maksimal, pihaknya menerapkan pelayanan secara online. Dimana pemohon bisa mendaftarkan permohonan sertifikat tanah atau pengecekan tanggungan secara online.

Loketku, menurut Haris merupakan aplikasi layanan mandiri pertanahan online yang membantu masyarakat untuk mendaftarkan berkas permohonan layanan pertanahan. Permohonan layanan elektronik ini bisa dilakukan melalui tautan loketku.atrbpn.go.id

sertifikat-PTSL-kepada-perwakilan-warga-Desa-Giripurno.jpg

Permohonan layanan pertanahan ini bisa dilakukan untuk seluruh kantor pertanahan di Indonesia dari rumah.

Sementara itu Upacara Peringatan Hantaru ke 61 dipimpin oleh Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi. Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi, Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM dan Forkompimda.

Dalam upacara itu diberikan penghargaan kepada enam pegawai Kantor Pertanahan yang mendapatkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat tanah PTSL secara simbolis kepada 12 perwakilan penerima perwakilan dari desa-desa.

"Saya ucapkan selamat hari Agraria dan tata ruang nasional ke 61, baru kali ini saya memimpin upacara di BPN, ini sebuah penghormatan, apalagi selama ini Pemerintah Kota Batu Bersama BPN sangat punya hubungan yang intens dan erat untuk bisa mensertifikasi tanah yang ada di kota Batu. Semoga berjalan lancar untuk aset-aset di Kota Batu, ada 638 aset yang kita sertifikatkan," ujar Wali Kota. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES