Glutera News

5 Manfaat Arginine Bagi Kesehatan

Jumat, 24 September 2021 - 12:08 | 320.05k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Arginine atau L-arginine adalah asam amino yang bisa digunakan dalam pengobatan nyeri dada (angina), tekanan darah tinggi, preeklamsia, disfungsi ereksi, penyakit arteri perifer, peradangan saluran pencernaan pada bayi baru lahir, dan pemulihan setelah operasi.

Suplemen L-arginin merupakan suplemen asam amino yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. L-arginin memiliki dua efek yaitu berubah menjadi nitrat oksida dan membantu tubuh membangun protein. Efek-efek tersebut dapat memberikan L-arginin berbagai manfaat potensial.

Pengerasan pembuluh darah (arteriosklerosis) akibat penumpukan lemak darah atau plak merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Hal ini terjadi karena dinding arteri menjadi lebih kaku atau mengeras sehingga terjadi penyempitan. Untuk mencegah serangan jantung atau stroke akibat penyempitan tadi perlu dilakukan pelebaran daerah yang menyempit atau pembedahan bypass pada pembuluh darah jantung.

Selain jalan operasi, sebenarnya arteri yang mengeras tadi bisa dibuat lebih rileks dengan kandungan l-arginin. Menurut Dr J Joseph Prendergast, l-arginin berfungsi sebagai stimulator untuk memproduksi nitrogen monoksida (nitric oxide/NO) bagi perlindungan kardiovaskular yang kuat.

Glutera-REX.jpg

Penelitian
Tiga peneliti, yaitu Robert F Furchgott, Louis J Ignarro, dan Ferid Murad, telah mengidentifikasi peran NO ini sebagai molekul sinyal dengan kemampuan untuk membantu meningkatkan komunikasi antar-sel-sel dari sistem kardiovaskular. Penemuan ini membuahkan hasil Hadiah Nobel 1998 untuk bidang fisiologi dan kedokteran, serta menempatkan NO sebagai bintang nutrisi.

Fungsi NO salah satunya adalah sebagai vasodilator, yaitu zat yang dapat menyebabkan terjadinya dilatasi (pelebaran) pada pembuluh darah yang kuat. NO memperlebar arteri, yang pada gilirannya membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke organ vital.

Bagaimana cara kerjanya?
Belum ada cukup studi tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Silakan diskusikan dengan ahli atau dokter untuk informasi lebih lanjut. Namun, terdapat beberapa penelitian yang menunjukan bahwa arginine dapat digunakan untuk menangani:

1. Mengatur gula darah
Penelitian menunjukkan bahwa L-arginin dapat bermanfaat bagi penderita diabetes dengan meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin.
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan jangka panjang dengan suplemen ini dapat mencegah diabetes pada orang yang berisiko terkena penyakit ini.

2. Mengobati disfungsi ereksi
Sebuah tinjauan 2019 dari 10 studi menemukan bahwa mengambil suplemen arginin dalam dosis mulai 1,5 hingga 5 gram setiap hari secara signifikan dapat meningkatkan disfungsi ereksi dibandingkan dengan plasebo atau tanpa pengobatan.

3. Memperbaiki aliran darah
Beberapa bukti menunjukkan bahwa suplemen L-arginin dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan aliran darah.

4. Mengobati dan mencegah preeklampsia
Studi telah menunjukkan bahwa pengobatan dengan L-arginin selama kehamilan dapat membantu mencegah dan mengobati preeklampsia, suatu kondisi berbahaya yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan protein dalam urin.

5. Meningkatkan kinerja atlet
Bukti terbatas menunjukkan bahwa suplemen L-arginin dapat meningkatkan kinerja olahraga dengan meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh yang meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES